10 Jul 2017

Para anggota grup Investa, para nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Dua bulan yang lalu tgl.11 Mei 2017 saya pernah mengulas saham DSFI dan  ketika kemarin saham ini mengalami kenaikan 7,5% dari Rp.119 menjadi Rp.128,- saat IHSG tertekan turun 0,59%. Saya cukup merasa penasaran kenapa saham di bidang usaha perikanan tersebut selama 2 bulan terakhir belum juga naik harganya mengingat saat itu harganya Rp.127,-.

Sebagai perusahaan perikanan yang mempunyai pangsa pasar ekspor 80% dengan bahan baku yang selalu tersedia dilautan kita yang luas seharusnya perusahaan ini mampu berkembang dan secara kinerja harus tumbuh dengan baik.
Apalagi Pemerintah sangat serius mendorong sektor perikanan untuk maju dan berkembang menjadi sektor unggulan kita.   

Sayang saya belum menemukan Laporan Keuangan PT. Dharma Samudera Fishing Industries, Tbl  ( DSFI ) kuartal pertama th.2017 sehingga belum bisa melihat kinerjanya th ini sebagai tambahan analisa. Namun dari paparan Direktur Utama  DSFI penjualan DSFI selama 5 bulan terakhir th.2017 ini sudah mencapai setengah dari penjualan th.2016 terutama dari pasar ekspor yaitu Amerika Serikat dan Eropa dari sejak Maret 2017 sehingga Manajemen mengubah target penjualannya naik dari 6% menjadi 10% tahun ini.

Adapun kontrak  nilai penjualan th 2017 ini sudah mencapai US $ 19,7 juta dan untuk mencapai target penjualan DSFI telah melakukan Revitalisasi sejumlah pabriknya. DSFI juga melakukan pola kerja sama operasional ( KSO ) atau kemitraan dengan Pengusaha di daerah untuk menjangkau pasokan bahan baku ikan sehingga bisa lebih menekan beaya.

Posisi keuangan Desember 2016 BV Rp.80,- kalau harga saat ini Rp.128 maka PBV 1,6 total aset sebesar Rp.328,7 Milyar dan Kapitalisasi pasar Rp.237,7 Milyar dan PER 42 x. Bila th.2017 ini  LABA perusahaan bisa meningkat sejalan dengan kenaikan penjualannya maka tentu akan membuat ratio keuangan lebih baik.

Dari sisi PROSPEK saya masih optimis emiten ini akan mengalami pertumbuhan th.2017 ini dan masa yang akan datang mengingat bidang usaha yang memang sangat dibutuhkan serta pangsa pasar yang luas dengan dukungan Pemerintah. bahkan dalam beberapa hari lalu Menteri Perdagangan kita sampai belajar dari Jepang untuk bisan meningkatkan kualitas bidang perikanan ini

Mungkinkah kenaikan harga 7% akhir pekan kemarin menjadi 128 karena antisipasi Laporan Keuangan th.2017 yang lebih baik ?? kalau benar Labanya meningkat maka saya mempunyai target dalam waktu dekat harga saham DSFI bisa mencapai Rp.150,- per saham. Sekedar mengingat bahwa dalam th.2017 ini harga terendah saham DSFI Rp.116 dan tertinggi Rp.198 bahkan th.lalu harga teringginya Rp.242.

Dari sisi Resiko penurunan harga relatif lebih kecil dibanding potensi kenaikan harganya sehingga bagi yang berminat investasi jsngka menengah silahkan lirik saham DSFI saat ini.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama, umur dan kotanya.
Kami telah menyiapkan Grup WA baru dengan nama KOMUNITAS INVESTA III bagi anggota baru.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.