16 Dec 2016

Para Investor yang tergabung di Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Akhirnya setelah menunggu lama keraguan itu terjawab, kemarin The FED menaikkan suku bunganya 0,25 sehingga menjadi 0,75. Mengaketkan ?? menururt saya sih tidak karena kenaikan tersebut sesuai ekspektasi beberapa analis. Dengan keputusan tersebut saya kira pelaku pasar sudah melakukan anitisipasi sebelumnya sehingga saya lihat kondisi bursa hanya sejenak mengalami "effect samping" dengan sedikit memerah kemarin.

Jadi bagaimana apakah IHSG masih sesuai ekspektasi saya untuk lanjut menuju kisaran 5300 sd 5400 sampai akhir tahun 2016 ? Saya masih melihatnya IHSG tetap punya potensi dikisaran tersebut. Investor asing telah cukup banyak melakukan net sell dalam beberapa pekan lalu, dan saya akui mereka lebih cepat mengantisipasinya bunga FED. Apakah asing terus akan menghabiskan portofolionya yang ada di bursa kita??

Investor asing tentu tidak serta merta hengkang habis dari bursa kita, ekonomi kita cukup stabil meski belum menampakkan pertumbuhan yang signifikan. Tetapi dari besaran angka2 tolok ukur pertumbuhan ekonomi tidak mengecewakan seperti inflasi, cadangan devisa, neraca perdagangan, suku bunga dll.

Lagian dengan koreksinya beberapa saham Blue Chips belakangan telah menurunkan PER beberapa saham sehingga sudah cukup menarik untuk dikoleksi kembali seperti UNVR, SMGR, INTP, BBRI. Emiten tersebut telah beberapa waktu ditekan investor asing sehingga harganya sudah relatif menarik saat ini.

Sedangkan saham2 papan kedua dan ketiga yang layak dicermati dengan potensi menguat sampai akhir tahun antara lain ELSA, BBTN, BJTM, WTON, WSBP, MEDC, JPFA, ISSP (saya berusaha menyajikan harga2 prediksi akhir tahun dalam pekan depan).
Bila mendasarkan dengan beberapa pertimbangan seperti kondisi bursa global yang sudah mulai positif, harga2 komoditas, nilai rupiah yang tidak terlalu tergoncang, dan melihat pergerakkan IHSG kemarin saya memprediksikan hari ini IHSG bisa ditutup dijalur hijau meskipun tipis.
 
Sayapun punya feelling bahwa akhir tahun ini akan ada beberapa aksi Window Dressing untuk beberapa saham tertentu, terutama saham2 yang banyak dikoleksi Fund Manager atau institusi2 seperti Dana Pensiun, Asuransi, Reksa Dana. Biasa untuk perbaikan kinerja dan berusaha menurunkan SPI (Potential Loss) mereka diakhir tahun.
Saya kira mereka akan melakukan secara bertahap mulai pekan depan, perhatikan saham2 tertentu termasuk saham2 BUMN.
 
Semoga kita bisa mendapatkan hasil yang terbaik, amiin.

Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama dan kotanya.
 
Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.