7 Dec 2016

Para Investor Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,


Memperhatikan usulan para pembaca di anggota grup investa bahwa diantaranya ada yang belum jelas mengenai apa itu HMETD (Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu ) atau Right Issue, maka akan saya coba jelaskan kembali tentang hal ini (meskipun sudah pernah waktu lalu saya ulkas).


HMETD / Right Issue yaitu "HAK yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk membeli SAHAM BARU dengan jumlah tertentu, harga tertentu dan waktu tertentu". Jadi ini hanya merupakan HAK saja dimana hak tersebut bisa dilaksanakan atau tidak oleh pemiliknya dan hak ini HANYA diberikan kepada pemegang/ pemilik saham lama dan biasanya GRATIS.

Jika pemegang HMETD / Right tersebut ingin menggunakannya maka barulah membayar sejumlah harga yang telah ditentukan tadi dengan jumlah yang juga ditentukan selama jangka waktu yang ditentukan pula.
Bagaimana konsekuensinya kalau pemegang HMETD / Right tidak ingin menggunakan haknya?? Mereka bisa "menjual" hak Right tersebut kepada pihak lain termasuk pihak yang bukan pemegang saham lama.


Kalau pemegang Right misalnya tidak menggunakan Hak nya maka mereka tentu mengalami DILUSI (penurunan) kepemilikannya secara presentase ( % ).karena ybs tidak ikut menambah modal bagi perusahaan. Sebab hakekatnya HMETD / Right ini adalah Aksi Korporasi dengan tujuan menambah modal bagi perusahaan. Namun jumlah saham yang dimiliki tidak berkurang secara jumlah (hanya jumlah % berkurang dibanding modal perusahaan secara keseluruhan).


Pemegang saham yang mendapat HMETD tersebut adalah mereka yang masih memiliki saham sampai batas  CUM Right  yang ditentukan, dan bila membelinya EX Right (setelah) tanggal CUM maka mereka TIDAK dapat pembagian HMETD tersebut.


Untuk jelasnya saya buat contoh sbb: Suatu Perusahaan ABCD akan membagikan HMETD/ Right Issue dengan komposisi 10 : 3 dengan harga penebusan Rp.1000,- dengan CUM tgl. 15 Desember, EX tgl.16 Desember, sedangkan akhir penebusan tgl. 26 Desember. Misalnya saja harga pasar saham ABCD tsb Rp.1500,-


Dari contoh tsb artinya bahwa PT.ABCD akan membagikan kepada setiap pemegang saham yang masih memiliki sahamnya sampai dengan Tgl.15 Desember dengan perbandingan setiap memiliki 10 saham akan diberikan RIGHT sebanyak 3 (tiga) dimana setiap 1 Right bisa digunakan membeli 1 saham. Itu sederhanya setiap pemilik 10 saham lama diberikan Hak untuk membeli 3 saham baru dengan harga Rp.1000 setiap sahamnya  yang harus dibayar PALING LAMBAT tgl.26 Desember.


Karena harga pasar pada saat tgl.15 Desember saham ABCD Rp.1500,- maka akan diperoleh HARGA TEORITIS sebesar Rp. 1.385 per lembar dari perhitungan ( 10 x Rp.1500) + ( 3 x Rp.1000 ) dibagi 13. Harga Teoritis ini hanya dipakai oleh pihak Bursa untuk penetapan harga awal pada saat EX tgl.16 Desember (bisa dibahasakan secara sederhana adalah Harga Rata2).

Jika anda pemegang saham lama maka anda boleh melakukan penebusan saham baru tersebut paling lambat tgl.26 Desember dengan harga Rp.1000,- setiap sahamnya meskipun harga pasar lebih tinggi dari Rp.1000,-
Bila anda tidak ingin melakukan penebusan maka anda bisa MENJUAL Right tersebut di bursa pada sesi satu. Misalnya harga pasar sahamnya Rp.1350,- maka secara Teoritis harga Right nya adalah kisaran Rp.350,- (selisih antara harga pasar dikurangi harga penebusan atau 1350 - 1000).

Kalau anda telah menjual Right tersebut maka tentu konsekuensinya anda tidak lagi punya hak untuk membeli saham baru karena sudah digunakan pihak lain yang membeli Right anda tadi. Namun anda tetap masih punya saham lama sebelumnya karena yang dijual cuma Righnya.

Apakah anda harus menebus atau tidak itu tergantung pertimbangan masing2  antara lain pertimbangan prospek perusahaan dengan tambahan modal baru tadi, harga pasar sahamnya atau mungkin anda lebih tertarik menjual rightnya saja karena langsung dapat uang tunai (right nya kan diperoleh secara gratis).

Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan bagi pemula yang belum jelas tentang HMETD / Right Issue. Saya akan coba mengulas Aksi Korporasi Right beberapa emiten yang saat ini sedang melakukan Right Issue pada tulisan mendatang sehinga akan lebih konkrit.
  
Notes: buat investor yang ingin bergabung di grup Komunitas Investa bisa daftar ke no WA 087700085334. dengan menyebutkan nama dan kotanya. 

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.