12 Oct 2016

Para Investor Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Setelah bersusah payah IHSG kemarin ditutup naik 0,39% di detik2 menjelang tutup perdagangan pada posisi 5381 mungkin hari ini akan kembali menjalani "Ujian" kalau melihat DOW semalam rontok 1%. "Jurus 4" yang sering saya gunakan untuk menebak IHSG masih cukup ampuh sebagai salah satu bahan analisa, terbukti setelah 4 hari IHSG turun terus maka  hari berikutnya biasanya menguat dan terbukti kemarin IHSG menguat.

Kedepan diprediksi memang indek DOW akan terjadi volatile bagaikan naik Rollerl coaster, hal ini karena DOW sedang menunggu Laporan Keuangan Kuartal ketiga. Selain itu disana juga sedang menghadapi Pemilihan Presiden sehingga situasi biasanya kurang stabil menunggu siapa calon Presiden terpilih.

Karena DOW masih dianggap sebagai Lokomotif Bursa Global maka sedikit banyak IHSG akan terpengaruh konisi disana, dan ini efek beranting seperti biasa terjadi didunia keuangan yang sangat peka.Kemungkinan IHSG akan ada direntang 5350 sd 5395 hari ini. Saham2 Blue Chips akan rawan kembali tertekan dan ini yang bisa menjadikan IHSG cenderung melemah kembali.

Namun tentu semua tidak ada yang sifatnya mutlak,  jika IHSG hari "mampu bertahan" dijalur hijau maka kedepan saya kira akan lebih bagus  dan secara psikologis investor juga akan percaya diri untuk melakukan koleksi saham2 tertentu terutama yang sekiarangan pengalami kenaikan kinerja di Laporan Keuangan kuartal tiga ini.

Anjuran saya jangan pernah tinggalkan Fundamental suatu perusahaan, karena dengan melihat kinareja Fundamental perusahaan kita akan bisa melakukan investasi yang benar dengan mengharapkan hasil yang memadai dan resiko yang lebih bisa diminimalisir. Jika Fundamental emiten bagus maka soal harga sahamnya itu hanyalah masalah waktu saja.

Beberapa saham pertambangan termasuk minyak, nikel dan batubara yang saya sebut di ulasan pagi kemarin seperti ELSA, ADRO, ANTM, INCO, PTBA, ITMG hampir semuanya mengalami penguatan signifikan. Sederhana saja dan semua bisa membuat analisa dengan harga komoditas nya yang naik maka akan berpengaruh terhadap harga sahamnya. Tapi semalam harga komoditas dunia kembali terkoreksi tipis, nah bagaimana dengan harga sahamnya ?? mari kita lihat bersama.

Hari ini saya kira bursa masih akan diramaikan dengan transaksi saham TRAM dan BUMI yang sementara mengalahkan pamor saham BEKS yang beberapa waktu sempat menyita perhatian investor. Buat teman2 traders yang senang berayun2 naik Roller Coaster silahkan menikmati dengan tetap mengedepankan hati2 dan SADIS (Sabar dan Disiplin).

Salam.

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.