14 Oct 2016

Para Investor Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Saham PT.TRADA MARITIME,TBK ( TRAM ) telah naik 100% setelah tidur 1,5 tahun karena permasalahan hutang dan asuransi yg belum terbayar atas kecelakaan kapalnya yang menyangkut perusahaannya. Namun "aktifnya" kembali saham TRAM ini menjadikan daya tarik sendiri para Traders / Investor di Bursa saat ini, dengan kenaikan harga diikuti frekuensi dan volume yang besar.
 
Apalagi dalam kondisi pasar yang relatif "sulit" belakangan ini dimana saham2 Blue Chips sedang mengalami koreksi sehingga menggerus IHSG secara perlahan tapi beruntun, saham lapis tiga atau bawah 200 biasanya menjadi sasaran tembak para traders untuk kegiatan sehari2.
Disinilah peran Bandar mengambil alih pasar secara aktif dengan  mempunyai obyek saham terpilih untuk di "mainkan". Ada beberapa kelompok Bandar yang mempunyai target dan wilayah masing (hehee..kayak preman saja yang punya wilayah operasional). Saya kira istialh Bandar ini bukan hal yang tabu bagi para trader.
 
Nah tidak terkecuali saham TRAM yang dulu rumornya juga berbau "gorengan" kini aktif kembali dan menjadi perhatian pelaku pasar terutama traders sejati. Kenaikan harga 100% seminggu terakhir ini didasarkan apa?? Fundamental, Teknikal atau Bandarmologi?? dari sisi Fundamental memang sedikit ada perbaikan di Smester pertama tahun ini dan kita tunggu LK nya kuartal ketiga apakah memang menujukkan perkembangan yang signifikan.
Dari sisi Teknikal masih butuh waktu untuk mencari konfirmasi apakah saham ini akan Uptrend atau sekedar jebakan badman mengingat Chart sudah lama datar2 saja karena lama tidak aktif, ini seperti saham IPO.
 
Nah saya coba melihat dari kacamata Bandarmologi, bagaimana peran Bandar dan "maunya kemana". seperti pernah saya ulas pada kesempatan pelatihan investor bahwa Bandar ini dengan keahliannya bisa bekerja untuk kepentingan sendiri atau bahkan menerima pesanan dari berbagai pihak termasuk pihak2 yang punya kepentingan dengan perusahaan tersebut
 
Analisa saya yang beluim tentu benar tentang saham TRAM maka Bandar yang telah bersusah payah dan tentu dengan dana yang cukup besar untuk "mengaktifkan" kembali saham TRAM ini akan mempertahankan mati2an agar tetap terus bisa hidup dan aktif. Mereka rasanya akan merasa rugi besar jika saham ini kembali tidur dalam waktu yang singkat.
Memang Bandar akan mendapat perlawanan dari beberapa traders atau investor yang telah lama nyangkut dan pingin segera mencairkan dananya  yang selama ini idle, bisa jadi mereka itu masih rugi yang penting dapat jadi uang tunai kembali sehingga kekuatan penjualan ini menjadi tantangan bagi Bandar.
 
Namun bandar tentu punya keahlian untuk menyikapi hal tersebut, bahkan bisa jadi bandar akan mendapat bantuan dari para trader harian yang ikut membeli saham TRAM, buktinya bisa naik 100% saat ini dari harga 50 ke 100. Mengenai UMA dari pihak BEI yang dialami kemarin itu justru menjadi vitamin bagi Bandar, ini menjadi daya tarik untuk kembali mengerek harga TRAM lebih atas namun dengan sedikit menurunkan iramanya. 
 
Dan yang membuat bandar lebih ringan karena Perusahaan TRAM ini masih beroperasi dengan aktif dan banhkan menunjukkan perkembangan kinerjanya. Berbeda misalnya dengan saham lain yang perusahaannya sudah tidak aktif itu akan sangat tidak menarik. Dengan "memainkan Chart" yang cantik sehingga para aliran Teknikal akan merasa ada  sinyal Buy, dan ini merupakan dorongan terhadap harga berikutnya.
 
Kesimpulan saya saham TRAM masih akan aktif kedepan dengan kecenderungan menguat, karena kemarin saya lihat Bandar sudah mempertahankan di angka Psikologis 100 maka mereka akan mendorong untuk bermain diatas 100 sd 150 dan...bila berhasil lewat 150 maka kita bisa menebak bandar akan lebih percaya diri dengan masuknya beberapa traders yang  belum punya target saham2 BC dan lebih tertarik dengan saham2 yang aktif dengan frekuensi yang tinggi sambil menunggu LK kuartal 3 nya siapa tau lumayan bagus. Apalagi kalau masalah klaim asuransinya bisa terbayar dan ada solusi penyelesaian hutang bisa diatasi.
 
Silahkan dilanjut analisanya dan anda sendiri yang memutuskan apakah mau BUY, SELL atau tidak ikutan sama sekali dan cari saham lain. Apapun semoga mendapatkan yang terbaik...Amin
 
Notes: karena grup WA Komunitas INVESTA sudah mendekati batas atas kuota 256 maka kami akan membuat grup WA Komunitas Investa yang ke dua dan khusus buat para trader dan investor. Silahkan daftar bagi yang berminat.
 
Salam,
 
Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.