21 Sept 2016

Para Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Kemarin kita sama2 menyaksikan..bahkan merasakan bagaimana proses IPO suatu saham  mulai Book Building sampai Listing pertama di Bursa. Saham WSBP yang dipatok harga perdana Rp.490,- per saham dengan harga nominal Rp.100,- per saham, jadi ada AGIO sebesar Rp.390,- per sahamnya.

Yang mungkin menjadi perhatian investor adalah waktu penjatahan awal book building rata2 investor mendapatkan penjatahan sekitar 5% saja dari jumlah yang dipesan. Investor tentu merasa penasaran tapi itu juga sebenarnya biasa untuk saham2 yang "punya bau harum" sering kali investor ritel di nomor akhirkan..hehee..
Pada periode penawaran umum juga investor ritel rata2 mendapatkan penjatahan 15% dari penjamin emisi saham WSBP.

Dari skenario penjatahan semacam itu maka banyak pihak yang meprediksi saham WSBP pada saat listing harganya kan naik signifikan bahkan ada yang sangat optimis bisa Auto Reject atas yaitu naik 50%. Wow kereen.. Namun kita semua menyaksikan dan merasakan ternyata yg terjadi harganya Tertinggi Rp.610,- dan akhirnya berangsur turun diturup Rp.540,- atau naik 10,2%.

Barangkali banyak investor ritel yang kecewa, pertama kecewa hanya dapat jatah yang sedikit dan kedua ternyata harganya cuma naik 10%. Itulah suatu realita di bursa seringkali "yang terjadi tidak seuai dengan prediksi". Bukan sesuatu yang aneh memang tapi saya hanya ingin sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman saya dengan berkecimpung didunia pasar modal.

Bahwa yang paling bertanggung jawab atas terlaksananya proses IPO adalah penjamin Emisi mulai dari proses awal sampai listing di bursa. Dan perlu diketahui pula Penjamin Emisi juga punya resiko yang besar karena jika sampai saham yang dijamin itu tidak semua laku dijual pada saat IPO maka Penjamin Emisi wajib membeli sendiri sisa saham yang tidak terjual tersebut (Full Commitment).

Dari kondisi tersebut maka ketika saham yang dijamin itu dari perusahaan yang bagus kinerja dan prospeknya serta banyak permintaan dari investor, maka bisa saja penjamin emisi "IRIT atau PELIT" dalam melakukan penjatahan ke investornya. Dan penjamin emisi punya kewenangan siapa saja investor yang akan diberi penjatahan dengan jumlah yang "suka2" mereka.

Kita tidak tau pertimbangan penjamin emisi dalam melakukan penjatahan tentunya...karena itu kewenangan mereka. Justru disinilah kunci nya karena bisa saja dan itu sah2 saja penjamin emisi memberikan jatah yang lebih kepada pihak investor "tertentu". Jadi tidak hanya menganut "keadilan" secara proposional saya kira, tapi pihak mana yang paling disukai penjamin emisi tentu dengan berbagai argumentasinya.

Sehingga ada kemungkinan pihak2 tertentu yang mendapat penjatahan "lebih" tersebut melakukan penjualan saham di hari pertama listing. Kalau minimal 10% saja hasilnya itu sangat lumayan banget karena hanya dalam waktu kurang lebih seminggu. Apalagi bagi suatu investor institusi misalnya dibanding bunga deposito yang 8% setahun Gain WSBP kemarin sangat2 besar hasilnya.

Jadi menurut prediksi saya bisa saja hari pertama kemarin para investor yang dapat penjatahan 80% (karena investor ritel hanya 15% dan 5%) menjual sahamnya secepat2nya untuk meraih gain disaat bulan September ini cukup sulit mendapatkan Gain karena pasar yang relatif susah.
Lantas apakah kedepan masih bisa naik saham WSBP? atau bisa turun lagi ? mari kita cermati hari ini dulu karena saya pun mesti mengamati untuk bisa menganalisanya.

Yang jelas kemarin dari salah satu Broker penjamin emisi terbanyak melaskukan penjualan dan investor asing juga net sell 139 M disaham ini. Mungkin saya cenderung menunggu sejenak apakah penjualan dari broker penjamin emisi masih agresif atau tidak.  Disini kita juga bisa menilai bagaimana para penjamin emisi tersebut bisa "menjaga" harga perdananya atau membiarkan begitu saja. 
Saya punya predisksi batas bawah di 525 per saham, distu kemungkinan sudah akan terjadi perlawanan yang kuat dari si Pembeli, dengan harga 540 kemarin PER WSBP itu 41 dan WTON PER 35 sebagai pembanding.

Namun secara prospek saya kira WSBP punya harapan yang cukup bagus jadi kalau niatnya untuk investasi jangka menengah juga boleh saja koleksi dengan harga yang terbaik tentunya. Prediksi saya untuk WSBP ini akan dikisaran 525 sd 600. untuk sementara.
Barangkali masih belum memungkinkan dianalisa secara Teknikal karena beluim terbentuk chartnya. Jadi mesti dipelototi dimonitor pergerakkannya hehee.

Salam,
Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.