9 Sept 2016

Para Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Dalam sepekan terakhir ini IHSG hanya bergerak dalam ring sempit naik turun dibawah 1% dan terakhir kemarin ditutup level 5371 (0,19%). Belum ada berita2 baru yang bisa menggerakkan secara signifikan IHSG dan hal ini kemungkinan akan berlangsung sampai akhir Smester tiga dimana Lap Keuangan Emiten akan kembali diumumkanuntuk mengetahui kinerjanya. Namun kondisi bisa berbeda jika program Tax Amnesty ada perkembangan yang bagus sehingga bisa membawa angin segar bagi Bursa kita.

Tetapi jika kita lihat secara YTD selama th.2016 ini IHSG sudah tumbuh 17% dan ini cukup menawan bahkan termasuk Indek terbaik diantara bursa yang lain. indek Dow Jones Industrial Average (DJI) sebagai lokomotif Bursa dunia cuma tumbuh 6% pada periode yang sama. demikian Indek Nikei malah minus hampir 10% dan Hangseng tumbuh 9%. Dengan demikian bisa saja IHSG masih konsolidasi mengingat  pelaku pasar juga suka memperbandingkan dengan Bursa2 yang lain, dan ini lazim dilakukan.

Sekalipun demikian kemungkinan portofolio masing2 investor akan berbeda2 prestasinya, bisa saja portofolionya justru jauh diatas pertumbuhan IHSG he..hee itu yang diharapkan, bila itu yang terjadi pada anda itu artinya anda sudah layak dapat bintang dan strategi serta analisa anda sudah bagus dan patut dipertahankan. Namun jika yang terjadi sebaliknya nilai porto anda justru minus jauh maka segera evaluasi karena mungkin ada yang kurang atau salah analisa maupun strategi tradingnya.

Sekalipun IHSG itu perlu dipakai sebagai ukuran namun janganlah terlalu bergantung bahwa analisa  dan trading kita bergantung IHSG, kita sebagai investor harus bisa mencari saham2 pilihan dan menerapkan strategi trading yang terus diseuaikan  sehingga apapun kondisi IHSG kita berharap bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan, itulah keberhasilan sebagai trader / investor.
Faktanya tiap hari kita bisa melihat saham2 yang naik signifikan sekalipun IHSG merah, yang terpenting Bursa tidak dalam kondisi bearish berkepanjangan .

Ciptakan situasi trading yang nyaman dalam segala cuaca jangan sebaliknya kita sensitif dan bersakit2 mual, sakit gigi, pusing2, duduk gemetar (dugem) dalam trading saham ini. Itu salah besar...!! karena kita bukan sedang mencari penyakit tapi mencari hasil investasi. Tanamkan psikologi kita secara baik sebagai investor.
Untuk itu pahami dulu karakter investasi di Bursa dan ukur kemampuan masing2 supaya terhindar dari situasi yang tidak nyaman.

Banyak contoh yang sudah terjadi dan itu mengkin pernah kita rasakan yaitu setiap kita BELI saham yang terjadi malah harganya TURUN, lama kita menahan saham yang turun dan melakukan Cut Loss eeh sahamnya malah naik tinggi.
Sebagian TIP TRADING yang sering saya sampaikan dalam kesempatan pelatihan2 dan tulisan2 saya yaitu; Dalam investasi ini gunakan dana yang khusus. jangan pernah menggunakan dana yang sebenarnya sudah ada tujuan lain, apalagi dana hutang ini penyakit trader yang lazim tapi sangat bahaya.

Sabar dan Disiplin, jangan tergesa2 maunya beli sekarang besuk sehari langsung naik karena ini investasi yang juga kadang butuh waktu, yang penting pilihan kita sudah didasari analisa yang benar dan menghasilkan pilihan saham yang baik.
Bahwa kadang hasilnya butuh waktu beberapa saat tetapi hasil akhirnya jauh lebih baik walau kadang jangka pendek diwarnai penurunan dulu.

Memang tidak ada yang sempurna, tetapi mari kita terus belajar agar dari kejadian2 yang pernah kita alami bisa kita evaluasi dan kita perbaiki. Kita bisa berbagi pengetahuan dengan teman2 lain tetapi semua keputusan ada pada diri kita masing2 dan JANGAN bergantung pihak lain apalagi yang kita tidak tau kualitasnya, ini juga bisa terjerumus. Belajarlah pada ahlinya begitu kata pepatah.

Apa menunya hari ini?? sampai pekan depan setidaknya...saya masih asyik trading KAEF, BBKP, ACES, DSFI, UNVR, ADRO, INCO . Saya lihat saham NRCA juga sudah mulai ada perlawanan  setelah tertekan berat beberapa pekan terakhir, benarkan akan rebound? kita lihat sama2 he..hee.

Mohon maaf kadang saya tidak bisa rutin menyajikan ulasan TEH PAGI  via email karena karena kesibukkan saja tetapi saya berusaha sebagai pencerahan pagi saya akan sampai via WA bagi yang sudah tergabung di grup Komunitas Investa. Silahkan teman2 trader dan investor bergabung dalam grup WA Investa sepanjang kuota masih cukup. Semoga bermanfaat dan selamat trading.

Salam,
 
Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.