23 Mar 2016

Para Komunitas Investa, Nasabah2 BNI Securities semarang dan Pembaca yang budiman,

Akhir bulan Maret 2016 ini merupakan batas akhir pelaporan Laporan Keuangan Emiten untuk smeter IV (Desember 2015). Sudah sebagian besar perusahaan yang mempublikasikan di media maupun melalui Web BEI. Ini merupakan Informasi penting yang layak dicermati dan dianalis oleh investor untuk mengetahui kinerja masing2 emiten. Sebab dari kinerja  ditambah prospek perusahaan itulah kita bisa membuat proyeksi kedepan  sehingga kita bisa memutuskan pada akhirnya bahwa kita akan melakukan investasi pada saham
tersebut atau tidak.

Kemampuan membuat analisis secara Fundamental inilah yang mestinya harus dipahami oleh seorang investor. Fundamental analisis setidaknya mengkaji tentang ratio2 keuangan seperti PER, EPS, DER, ROI, PBV dll. Kita juga mesti melihat pos2 dalam Neraca maupun Daftra Laba Rugi perusahaan, sebab ada kalanya kita kurang jeli melihatnya dan bahkan kebanyakan hanya melihat besarannya saja misalnya hanya dilihat Laba atau Rugi dan EPS saja.
Kita mesti tahu lebih detail melihatnya misalnya asal Laba atau Rugi perusahaan, karena Laba yang besar kalai asalnya dari penjualan aktiva tetap itu tidak mencerminkan laba yang sesungguhnya. Masih banyak yang lain untuk dipelajari bersama.

Beberapa hari lalu misalnya kita melihat penurunan harga saham MPPA, INCO, BSDE dan PGAS, hal itu ternyata dipengaruhi oleh penurunan Laba perusahaan pada th.2015. Disisi lain kita juga melihat saham BBTN yang cemerlang naiknya dibanding Bank2 yang lain, ternyata Laba BBTN naik signifikan di tahun 2015 (hal ini sering saya ulas dan BBTN satu2nya Bank yang kami masukkan dalam Daftar Saham Pilihan yang saya rilis 23 Januari lalu).

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana kita bisa menentukan PROSPEK emiten karena itu justru yang lebih menentukan tingkat keberhasilan kita. Laporan Keuangan itu mencatat kinerja "masa lalu" sedangkan kita butuh bagiomana kondisi perusahaan yang akan datang bukan??
Tentang PROSPEK ini kita bisa memilah milah dari berita / informasi yang ada seperti kebijakan Pemerintah, harga komoditas, nilai mata uang, ekonomi makro secara global dan internal dll sehingga kita bisa mengetahui prospek yang paling menarik.

Bisa saja suatu perusahaan yang masa lalunya buruk tetapi prospek kedepannya bagus atau sebaliknya. Jadi dengan mengetahui Kinerja masa lalu dan Prospek perusahaan yang akan datang kita tentukan mana2 saham pilihan kita.
Untuk silahkan berburu informasi agar kita bisa membuat kajian tentang suatu Propek.

Tidak lengkap nih kalau gak kasih MENU PAGI untuk beberapa hari kedepan he..hee. saya punya menu SMGR, JPFA, CPIN, CTRA, BSDE, KAEF dengan harga2 close kemarin cukup menarik buat saya.
Saham2 yang sering saya buat arena trading seperti DSFI, ELSA, BWPT dan INDY dan telah saya infokan lewat grup WA INVESTA telah memberikan hasil yang lumayan kemarin. Selamat buat yang profit dengan saham2 tersebut.

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.