12 Jan 2016

Nasabah BNI SECURITIES Semarang, dan Pembaca setia,
 
Apa yang saya khawatirkan tentang pengaruh Bursa Shanghai China nampaknya terjadi juga, kemarin Bursa Shanghai anjlok kembali 5,29% dan IHSG pun terseret turun 1,78% pada posisi 4465. Sebagai negara yang mempunyai kekuatan ekonomi dan cadangan devisa Cina punya pengaruh besar terhadap kondisi Bursa lainnya termasuk BEI.

Saat ini saya kira fokus pelaku pasar ada pada kondisi China setelah beberapa waktu lalu tersita oleh maju mudurnya keputusan The FED menaikkan suku bunganya. Memang kalau kita pikir panjang bahwa kondisi perekonomian akan selalu bergerak dan berubah setiap saat silih berganti, sehingga tergantung kita sebagai investor menyikapinya.

Semalam harga Minyak mentah dunia kembali rontok juga bahkan turun sampai 6,2% dilevel US$ 31 ini harga terendah selama 12 th terakhir. Tentu perusahaan2 minyak dan negara2 penghasil utama minyak akan sangat merasakan dampak negatifnya. Semula saya sempat berpikir dengan kondisi keamanan dinegara2 timur tengah yang sedang mengalami peperangan harga minyak akan naik.
Tetapi ternyata pertumbuhan ekonomi dunia barang kali memang masih rendah sehingga dunia industri mengurangi pemakaian minyak.
Kemungkinan lain cadangan minyak di beberapa negara masih banyak sehingga mengurangi permintaan, atau bisa juga faktor lainnya.

Sementara ini rasanya saham sektor pertambangan terutama minyak masih dalam tekanan, jadi pilihan mungkin bisa diarahkan ke sektor lain yang justru diuntungkan dari penurunan harga minyak.
Sekalipun kemarin IHSG turun cukup dalam tetapi saham konstruksi ADHI, WTON dan PPRO tetap melenggang di jalur hijau. Ketiga perusahaan tersebut memang tidak banyak terpengaruh kondisi China, karena tidak banyak ekspor maupun impor dengan negara tersebut.

Saya juga masih konsisten dengan tetap mengkoleksi saham WTON. PPRO, SMGR, kAEF, CPIN, KIJA  kalaupun harga masih turun saya mendapatkan harga yang murah, dan...saya punya harapan ketika IHSG naik maka saham2 tersebut biasanya ikut terdongkrak naik bahkan bisa lebih tinggi dari presentasi IHSG.

Semoga hari ini ada perubahan yang lebih baik di bursa Shanghai sehingga saham2 kita bisa ikut membaik dan jangan terlalu tamak, nikmati gain yang dirasa cukup. Asal konsisten dan disiplin rasanya peluang selalu ada apapun kondisinya bursa.
Karena jujur saja ketika kita habis jualan saham harapan kita adalah semoga harga saham turun kembali tanpa berpikir bagaimana investor lain yang membeli saham tadi bukan..??
He..hee jadi kita kadang egois juga ya...

Salam,
 
INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.