2 Dec 2015

Para pembaca dan juga Nasabah2 BNI Securities Semarang yang budiman,

Sebagaimana  ulasan saya yg lalu bahwa penurunan IHSG Jum'at dan Senin lalu hanya temporer karena hanya pengaruh bursa Shanghai yang sedang melakukan penyelidikan atas beberapa Broker yang diduga melakukan pelanggaran, bukan terkait perekonomian.  Kemarin IHSG sudah kembali menguat 2,5% dan kembali diatas 4.500 tepatnya 4.557. 
Meskipun akan terjadi fluktuatif sepanjang Desember  namun saya meprediksikan IHSG akan terus menuju target 4.800 sampai akhir tahun 2015 ini, karena secara historis bulan Desember  lebih banyak terjadi penguatan. Saya wajar karena para Manajer Investasi, emiten dan beberapa institusi seperti Dana Pensiun, Asuransi, Perbankkan yang mempunyai portofolio investasi Saham akan berupaya "mempercantik" portofolionya. Upaya tersebut biasa dinamakan Window Dressing.

Sebagai bagian dari pelaku pasar, investor bisa memanfaatkan bulan yang penuh harapan ini dengan sebaik2nya. Selain saham2 Blue Chip biasanya beberapa saham tidur akan bangun juga sejenak di bulan Desember ini bahkan bisa naik signifikan harganya pada menjelang tutup tahun.
Kita bisa memilih saham2 yang mempunyai bobot tingi terhadap IHSG yang kira2 akan dipakai oleh investor2 besar guna mendorong IHSG. Sedangkan saham2 berkapitalisasi kecil bisa juga menjadi pilihan tetapi ingat cari saham yang mempunyai fundamental baik dan punya prospek kedepan.

Salah satu strategi tradingnya adalah bisa melakukan akumulasi mulai awal bulan ini dan anda bisa menahan sampai menjelang akhir tahun bahkan ketika harga tertekan jangan terlalu panik dan anggap sebagai peluang untuk average down. Demikian pula kalau terjadi kenaikan bertahap jangan buru-buru jualan. Gunakan target gain yang diinginkan misalnya 5% sd 10%, bila harga mencapai target anda silahkan kalau mau menikmati.
Namun perlu diketahui bahwa biasanya semakin mendekati akhir bulan sebagai hari tutup tahun,  harga semakin "diangkat" keatas mencapai puncaknya karena akan digunakan sebagai bahan PELAPORAN.

Hanya saja yang sangat penting diperhatikan bahwa tgl.16 Desember nanti akan ada sidang FED antara lain untuk menentukan suku bunga FED apakah jadi dinaikkan bulan ini atau masih tahun depan. Karena keputusan ini bisa berdampak juga terhadap kondisi pasar yang saat ini masih banyak dianalisa.
Silahkan lakukan pemilihan saham-sahamnya karena ini faktor utama memang bagi investor

Semoga mendapatkan pilihan yang terbaik.

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.