9 Jul 2015

Para Komunitas Investa, Para Nasabah BNI Securities Semarang dan para Pembaca yang budiman,

IHSG kemarin kembali tertekan  dan minus 0,7% dilevel 4871, efek domino masalah hutang Yunani telah menjalar ke Bursa Regional. Tiga bursa utama Nikkei, Hangseng dan Shanghai rontok tajam, bahkan Hangseng dan Shanghai turun lebuh 5%. Jadi kalau IHSG turun 0,7% masih agak lumayan, kebayang kan kalau sampai turun 5% maka IHSG akan dikisaran 4675 duh...

Memang akhir2 ini Bursa Shanghai mempunyai pergerakkan yang ekstrim / turbulasi dimana indeknya naik turun secara tajam sekali bahkan pernah turun 6% sehari dan besuknya naik lagi. Sejujurnya saya pribadi lebih memperhatikan pergerakkan saham di 3 bursa Asia tersebut dibandingkan dengan DOW
Karena Indek Bursa itu juga cerminan kondisi ekonomi suatu negara, dan kita tau kalau China dan Jepang mempunyai hubungan perdagangan dan ekonomi yang sangat erat dengan negara kita.

Sehingga pertimbangan sebelum trading selain kondisi internal mulai data ekonomi/keuangan maka saya memperhatikan kondisi 3 Bursa Asia tersebut buat menentukan strategi trading lebih lanjut. 
Apakah investasi ini harus panjang atau pendek waktunya juga sangat tergantung situasinya, saya kira semua trader/investor sudah mengalami ketika terjadi salah posisi yaitu jual cepet2 tapi harga malah melambung, sebaliknya jika tidak menjual karena menunggu harga lebih tinggi eh malah harganya turun lagi. 

Kita lihat saja tiap hari Fund Manager atau investor asing tiap hari juga ada transaksi itu artinya mereka trading pendek juga kan..? Jadi silahkan masing2 bergaya sendiri dalam menentukan panjang pendeknya waktu investasi/trading.
Selagi kondisi seperti saat ini maka saya pribadi konsisten untuk trading jangka pendek dan tidak kaku, artinya menyesuaikan keadaan saja.

Apakah IHSG masih akan tertekan?? terus terang saya sendiri sudah mengencangkan ikat pinggang mulai awal Juni lalu dan mengurangi bobot portofolio tinggal 30%, itu juga karena terlambat eksekusi.
IHSG kemungkinan akan mencoba bertahan di level 4750 dan kalaupun terjadi Rebound sampai kisaran 4930. Hampir kebanyakan saham2 pilihan tidak tepat sasaran saat ini, dan sejujurnya juga tidak ada analis yang bisa menjamin ketepatan rekomendasinya. Apalagi jika kondisi seperti sekarang badai bisa datang sewaktu2.
Jadi hari ini perhatikan kondisi regional jika masih parah lebih baik kita sabar menunggu dan jangan paksa untuk masuk pasar, kita mesti efisiensi modal kita pada timing yang tepat.

Jadi apa yang saya lakukan adalah mencoba masuk ketika harga saham pilihan minus 3 kali IHSG, misalnya IHSG turun 1% maka jika saham pilihan saya turun 3% saya akan coba melakukan pembelian dan langsung saya jemur diatas 1% harga beli. One Day Trading bukan sesuatu yang dilarang kan..??

Sekedar anjuran jangan paksakan untuk trading melebihi batas khususnya
pasar sedang bearish seperti ini karena terancam dua ujung gunting harga turun dan bunga margin. Margin boleh dilakukan jika kondisi sedang Bullish. Karena banyak investor terjebak trading margin saat ini.

Semua ulasan saya hanya bersifat sharing dan disclaimer tidak ada jaminan mesti benar. Bagi teman2 yang TIDAK berminat dengan kiriman ulasan saya selama ini mohon memberitahukan sehingga admin kami akan menghapus daftar email dari list mailing kami dan kami akan BERHENTI mengirimkan ulasan2 supaya tidak mengganggu.

Salam,

INVESTA
2b7dd5ee (tulis "Salam investa" bagi yang invite)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.