30 Jun 2015

IHSG kembali longsor nyaris mendekati IHSG terendah tahun ini, kemarin ditutup 4882. Selagi Pemerintah sedang berusaha menggenjot pertumbuhan ekonomi dalam negeri ternyata dari faktor eksternal datang gangguan lagi yaitu Yunani, biasa penyakit lama masalah hutangnya yang berpotensi defauld.
Hampir sebagian Bursa ternama di AS, Eropa dan Asia turun tajam dalam dua hari terakhir ini, Semua perhatian pelaku pasar dan fund manager tertuju ke pembicaraan hutang Yunani.

Inilah dunia keuangan yang cepat merespon situasi yang ada, saling mempengaruhi tanpa batas. Sebagian tanda penularan tersebut adalah nilai mata uang Rupiah kita yang kembali melemah terhadap US Dolar dan setiap pelemahan Rupiah akan diikuti kejatuhan IHSG.

Kalau saja pembicaraan masalah hutang antara Yunani dengan para kreditur nya gagal ini berpotensi defauld alias gagal bayar, dan setiap kegagalan akan mengurangi kepercayaan investor.
Investor biasanya akan mengurangi portofolionya dalam surat2 berharga baik saham maupun obligasi utamanya di negara2 yang punya jumlah hutang banyak.
Jangankan investor asing, investor domestikpun ikut panik dan melakukan aksi jual kemarin sehingga IHSG tertekan 0,8%.

Saham2 perbankan dan emiten2 yang mempunyai jumlah hutang US Dolar turun paling tajam kemarin. Masihkah hari ini IHSG akan turn lagi? kemungkinan IHSG akan menguji pertahanan di 4840 tetapi kalau jebol cukup gawat juga hari2 berikutnya.
Pekerjaan menunggu memang menjemukan sekaligus tidak nyaman, padahal pembicaraan masalah hutang ini informasinya tgl.5 Juli nanti. Selama masa tunggu tersebut akan terjadi volatile yang cukup tajam dan lebih cenderung tertekan.

Namun, dari beberapa pengalaman masa krisis dari tahun2 lalu biasanya pada detik2 akhir selalu ada solusi. Pemikiran saya baik lembaga keuangan dunia maupiun negara2 kawasan eropa tidak tinggal diam, mereka sangat mungkin melakukan tindakan untuk penyelematan Yunani. Sebab kalau gagal maka efeknya akan lebih luas. Itulah sedikit harapan berdasarkan pengalaman2 waktu lampau, dan apkah kalai ini juga akan terjadi?? he..hee selalu ada kemungkinan.

Makanya strategi yang mungkin bisa dilakukan jika ada rasa optimis bagi investor adalah melakukan pembelian nanti menjelang pembicaraan tersebut 
(kira2 tgl.4 Juli). Andaikata pembicaraannya berhasil maka potensi IHSG akan mantul keatas sangat mungkin, dan harapan meraih gain bisa jadi kenyataan.
Bagaimanan jika gagal?? menurut perhitungan saya penurunan harga tidak lagi terlalu besar sebab sudah terdiscount hari2 sebelumnya.

Sementara ini amati saja saham2 bagus yang harganya berpotensi tertekan, dan buy pada saatnya, karena kalau IHSG mantul maka akan dimulai dari saham2 tersebut biasanya.

Semoga sabar menghadapi pasar yang sedang berayun-ayun ini.

Salam,

INVESTA
Pin.2b7dd5ee. (sampaiakan "salam investa" setelah invite)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.