7 Apr 2015

Para Nasabah BNI Securities Semarang, Para komunitas Investa, dan Para pembaca yang budiman,

Aksi beli asing kembali terjadi sehingga 4 hari berturut2 asing melakukan Net Buy total sekitar 2,5 Trilyun, IHSG setelah mengalami koreksi,  kemarin menguat 0,43% pada posisi 5480. Rupiah juga mulai menguat dibawah 13.000 (12.942). Minyak mentah (WTI) juga menguat dilevel US$.52 demikian pula beberapa harga komoditas di pasar dunia. Ini merupakan katalis sehingga IHSG masih mempunyai potensi kembali menguat hari ini. Sebagaimana ulasan saya sebelum liburan kemarin bahwa "selalu ada ujian untuk naik kelas".

Namun perlu juga tetap kontrol diri karena kalaupun IHSG memnguat saya kira belum bisa signifikan atau loncat tinggi, jadi kenaikan akan bertahap lantai perlantai. Saya kira malah lebih baik sehingga tidak terlalau volatile karena kondisi masih belum cukup stabil mengingat posisi rupiah belum bisa menguat dibawah 12.500. Saya optimis kalau Rupiah bisa dibawah kurs akhir tahun 2014 yang sekitar 12.350 maka  IHSG baru akan menguat stabil.

Melihat beberapa Laporan keuangan per akhir Desember 2014 diantara emiten tersebut banyak yang mengalami Rugi Selisih Kurs ini artinya terjadi kerugian karena PELEMAHAN RUPIAH bukan karena rugi usaha.
Bisa jadi sebenarnya emiten mempunyai Kinerja yang bagus tetapi Labanya bisa tergerus karena rugi selisih kurs tadi. Disinilah pentingnya kita melihat Lap keuangan yang memang mesti dicermati pos per pos dari mana Laba diperoleh atau sebaliknya kenapa kerigian terjadi.

Rugi selisis kurs bisa berkurang atau bahkan hilang kalau Rupiah bisa menguat kembali setidaknya dibawah kurs desember 2014 ketika Lap Keuangan dibuat.
Nah perhatikan saja Lap Keuangan yang Penjualan naik dan Laba Usaha naik tapi akhirnya terjadi Kerugian. Ini bisa menjadi pilihan karena berpotensi untuk naik harganya ketika Rupiah menguat.

Hari ini saya mencermati INCO, BISI, CPRO, WICO, CPRO, GJTL, ADRO, ELSA dengan pertimbangan FA dan harga Komoditas serta TA.
Prediksi saya IHSG hari ini akan dikisaran 5470 sd 5510 dengan kecenderungan menguat terbatas. Sukur kalau asing masih Net Buy dan rupiah kembali menguat.

Salam.

INVESTA
pin.2b7dd5ee (sampaikan kata kunci "salam investa" setelah add)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.