13 Mar 2015

Para Pembaca dan Nasabah BNI Securities yang budiman,

Meski IHSG kemarin naik tetapi beberapa saham dari Perusahaan yang mempunyai kriteria penghutang US Dollar, atau importir barang dari luar negeri  termasuk bahan baku yang penjualannya didalam negeri harga sahamnya tetap saja turun signifikan. Selain itu saham pertambangan karena harga nikel, timah dan emas turun tajam maka harga sahamnya juga tetap turun. Lihat saja INCO, ERAA, INAF, CPIN, SMGR perusahaan tersebut termasuk kriteria tersebut.
Sebaliknya beberapa saham yang tidak begitu terpengaruh dengan pelemahan Rupiah harganya mengalami kenaikan seperti MPPA, RALS, BISI, UNVR.

Maka pandai2lah memilah kriteria sahamnya, mana saham2 yang terpengaruh pelemahan nilai Rupiah dan mana yang tidak untuk melakukan trading sahamnya. Karena saat ini saya melihatnya masih sangat rentan meskipun semalam DOW naik lumayan tinggi 1,47%, jika nilai Rupiah masih diatas 13,000 apalagi jika semakin tinggi saya menganggap kondisi belum nyaman.
Kecuali jika Rupiahnya sudah kembali dibawah 13.000 kemungkinan IHSG akan kembali menguat diikuti beberapa saham yang sebelumnya mengalami koreksi tajam.

Kesabaran menunggu masih diperlukan nampaknya, ini biasa kita hadapi sebagai investor jika sahamnya mengalami penurunan tetapi dengan catatan perusahaannya solid dan mempunyai kinerja yang bagus sebelumnya. Menunggu kadang memang menjenuhkan sehingga membuat investor melakukan Cut Loss.
Cut Loss bukan sesuatu yang dilarang, tetapi perhitungan harus matang sebab jika salah antisipasi ketika CL dilakukan eh malah harga saham tersebut kembali naik.

Bisnis biasa mengalami perputaran, demikian pula trading saham yang sangat peka terhadap setiap perkembangan. Bisnis juga tidak bisa bersifat instan langsung meraih untung besar dalam waktu sekejap, sekali lagi psikologi dan perhitungan harus terjaga dengan baik.
Mari kita cermati perkembangan saat ini terutama monitor terus pergerakkan nilai Rupiah terhadap Dollar AS dan perilaku investor asing (dalam 2 hari terakhir asing net sell)  untuk menentukan arah trading kita, HOLD, BUY atau SELL.

Prediksi IHSG 5420 sd 5470 akhir pekan, semoga ada perbaikan kondisi pasar maupun portofolio kita masing2 sehingga kita bisa berakhir pekan dengan nyaman.

Salam,

INVESTA
pin.2b7dd5ee (sampaikan kata kunci "salam investa" setelah add)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.