12 Jan 2015

Beberapa kali kita pernah mengetahui suatu emiten melakukan Stock Split yaitu pemecahan harga nominal saham dari nominal yang lebih tinggi menjadi harga nominal yang lebih rendah. Misalnya semula harga nominal saham Rp.500,- per saham di stock split menjadi Rp.100,- per saham, atau 1 banding 5 ( 1 saham lama menjadi 5 saham baru).
Salah satu tujuannya adalah agar saham menjadi lebih likuid di pasar atau frekuensi perdagangannya lebih sering. Selain itu harga per sahamnya juga menjadi lebih murah.

Bagaimana dengan Reverse Stock ?? ini adalah kebalikan dari Stock Split, Jadi Revers Stock itu penggabungan saham dari harga nominal rendah menjadi harga nominal lebih tinggi misalnya semula Rp.100,- menjadi Rp.500,- per sahamnya.
Maka akan terjadi ratio 6 banding 1 ( 5 saham lama menjadi 1 saham baru ).
Tujuannya adalah "menaikkan harga saham" selain menyedot saham dipasar menjadi lebih sedikit. karena semula banyak menjadi sedikit.

Stock Split dan Reverse Stok merupakan kegiatan AKSI KORPORASI Emiten juga, tentu emiten punya tujuan tertentu setiap kali melakukan Aksi Korporasi. Hal inilah yang perlu disikapi oleh para investor terutama investor ritel, jangan sampai investor tidak mengetahuinya sehingga  merasa dirugikan.

Baru2 ini diumumkan bahwa saham SIPD (Siread Produce) akan melakukan Reverse Stock 10 banding 1 (ratinya 10 saham lama menjadi 1 saham baru), maka jika anda saat misalnya mempunyai  500 lot saham SIPD maka nantinya saham anda hanya akan menjadi 50 lot saja.
Bagaimana kalau anda mempunyai 555 lot ? maka tentu akan menjadi 55,5 lot saham. Karena 55,5 lot itu angka ganjil yg ada hanya 55 lot maka anda mempunyai sisa 0,5 lot saham atau 50 lembar saja yang namanya Odd Lot (dibawah 1 lot). Bagaimana solusinya anda bisa menjual saham yang 50 lembar ini ke pasar nego atau disibi ada perusahaan sekuritas yang siap membeli sisa saham tersebut (kalau tidak salah Sekuritas Dhanawibawa dengan harga Rp.55,- per saham).

Bagaimana prospek SIPD setelah Reverse Stock ??  terus terang sedang saya kaji dan segera saya muat di blog investalpppm.blogspot.com mepunyai kesimpulan, karena saya mesti mempelajari LK SIPD dan rencana2 kedepannya setelah Aksi Korporasi.

Bagaimana perkiraan IHSG hari ini? berharap masih ada prospek naik walau tidak signifikan (kisaran 5200 sd 5250), dengan menu yang saya cermati sektor pertambangan ANTM, TINS, ADRO, ITMG, PGAS, INCO  dan juga GJTL, CPRO dengan strategi BOW.

Selamat trading, semoga sukses.

Salam

INVESTA
Pin 2b7dd5ee (sampaikan "Salam Investa" jika sudah add)
email: investa.p3m@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.