13 Jan 2015

Menanggapi pertanyaan Investor pemula melalui email kemarin tentang kenapa informasi itu penting? maka saya berusaha menjelaskan secara sederhana berikut ini.

Salah satu yang wajib dilakukan seorang investor adalah menyikapi informasi yang ada baik yang sifatnya umum maupun khusus. Ini yang membedakan investor dengan deposan yang biasanya cukup memantau perkembangan suku bunga deposito yang berlaku saja.
Informasi itu penting karena mempunyai dampak yang sangat signifikan dengan harga saham di bursa, sehingga harga saham itu bisa fluktuatif naik dan turun setiap saat. Semakin banyak investor yang menanggapi positif terhadap informasi yang ada maka harga saham yang punya kaitan langsung dengan informasi tersebut harganya cenderung naik dan sebaliknya jika lebih banyak yang negatif maka bisa mengakibatkan harga saham yang bersangkutan harganya turun.

Misalnya saja harga komoditas CPO  mengalami kenaikan maka akan berpengaruh terhadap sektor perkebunan khususnya kelapa sawit sehingga dampak selanjutnya harga saham perusahaan bidang perkebunan tersebut mengalami kenaikan pula, seperti AALI dan LSIP.
Bagaimana pula sekarang ini pengaruh penurunan harga minyak (semalam sempat US$ 45) ?? penurunan harga minyak tentu akan berpengaruh negatif terhadap Perusahaan Minyak dan Energi, sehingga bisa mengakibatkan harga saham dibidang minyak dan energi turun.
Tetapi ada juga perusahaan yang justru diuntungkan dari penurunan harga minyak tersebut antara lain perusahaan angkutan termasuk disini penerbangan. Contohnya Garuda (GIAA). Kenapa? karena beaya operasional GIAA yang besar antara lain minyak aftur. Kalau harga aftur turun maka biaya menjadi rendah sehingga berpotensi menghasilkan Laba buat GIAA. Nah ujungnya harga saham GIAA bisa naik.

Informasi khusus bisa dari Laporan Keuangan yang dikeluarkan perusahaan sebagai Laporan kinerja selama periode tertentu bagi perusahaan tersebut, maka seyogyanya seorang investor juga bisa membaca dan memahami Laporan Keuangan. Dari Laporan Keuangan tersebut investor bisa menentukan apakah harga saham ybs murah / mahal, serta ekspektasi kedepan terhadap kinerja perusahaan yang tercermin dalam Laporan Keuangan tersebut sehingga bisa dipakai sebagai dasar investor membeli atau menjual sahamnya.

Demikian sekilas pencerahan sederhana ini semoga bermanfaat bagi investor pemula lainnya juga.
Jika ada pertanyaan2 silahkan di email kami berusaha membantu yang sifatnya edukasi.

Salam,

INVESTA

Pin. 2b7dd5ee (sampaikan "salam investa" jika sudah add)
blog: investalpppm.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.