15 Jan 2015

Seperti kita ketahui kemarin  IHSG rontok 1% (5197) hal tersebut cukup membuat kaget terutama para investor ritel. Penurunan tajam beberapa harga saham terjadi pada sesi kedua bahkan diperparah menjelang tutup perdagangan.
Seperti biasa banyak yang bertanya2 kenapa ini turun?? sekali lagi membuktikan bahwa informasi itu penting, siapa terlambat dapatkan informasi maka dia akan rugi dan sebaliknya siapa cepat dia untung.

Pendapat saya bahwa penurunan IHSG teseret penurunan Bursa Global dengan adanya INFORMASI bahwa  Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global th.2015 menjadi 3% dari sebelumnya 3,4%. Penjualan ritel di AS mengalami penurunan 0,9% bulan Desember 2014 yang lalu padahal AS merupakan mesin utama pertumbuhan ekonomi  dunia.

Semalam DOW -1% dan bursa eropa turun rata2 -1% sd -2%, EIDO juga  -1% sedangkan harga minyak +6%. Bagaimana perkiraan hari ini? mari kita lihat beberapa hal yg positif didalam negeri antara lain Rupiah menguat menjadi Rp.12.580 terhadap US$, rencana harga BBM akan diumumkan hari Jum'at besuk yang kemungkinan bisa turun harganya. Hal ini juga berdampak inflasi akan lebih rendah th.2015 ini dan daya beli masyarakat bisa kembali naik, suku bunga BI rate juga kemungkinan tetap atau malah bisa juga turun sedikit.

Jadi mestinya tidak terlalu mengkhawatirkan, koreksi sesuatu yang wajar dalam perdagangan saham, harga yg sudah terlalu tinggi akan terkoreksi turun dan yang rendah akan terdorong naik.
Pengaruh global memang tidak bisa dihindarkan karena sistem keuangan kita yang terbuka, namun kondisi ekonomi negara bisa berbeda.
Perkiraan IHSG hari ini 5100 sd 5180, dan dalam kondisi seperti ini saya mengincar saham2 berfundamental bagus yang sedang terkoreksi tajam, biasanya cepat mantulnya, seperti MYOR, UNVR, PTPP, sedangkan untuk saham "Badu" (bawah dua ribu} GJTL, MAIN, BISI, termasuk yang saya cermati untuk trading.
Bagaimana CPRO yang sangat volatile ini? saya berusaha menampung kalau masih turun lagi di Rp.110,-

Mari kita menyikapi pasar dengan berbekal SADIS (Sabar dan Disiplin), bisa mengontrol psikologi, tidak tamak dan menggunakan target rasional.

salam.

INVESTA
pin.2b7dd5ee (sampaikan "salam investa" setelah add)
blog. investalpppm.blogspot.com.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.