21 May 2014

Setelah melewati angka 5000 IHSG ternyata balik arah cukup dalam kemarin minus  2,3% (4895). Anti klimaks setelah pengumuman pasangan Capres/wapres??  atau koreksi tehnikal setelah tercapai resistancenya? Ulasan saya yang lalu pernah saya singgung biarkan IHSG berjalan menyesuaikan Fundamentalnya karena itu akan lebih baik, jangan dipaksakan kalau memang Fundamentalnya belum memungkinkan.
Bagi yang full portofolionya  tentu berharap IHSG terus naik agar potensi cuan terus menumpuk tetapi ingat semua ada batasan yg terukur, IHSG tidak akan naik atau turun secara garis lurus, selalu ada gerakkan penyesuaian itulah yg dipelajari dari ilmu Tehnikal Analisis kira2.

Dari sisi Fundamental Analisis juga setiap harga saham itu ada parameternya serta ada pembandingnya biasanya dinamakan ratio, sehingga gerak harga tersebut menyesuaikan kinerja perusahaan yg tersaji dalam Laporan keuangan.
Jadi kalau terlalu murah harga saham akan naik dan sebaliknya kalau terlalu mahal juga akan turun kembali, begitulah kira2.

Ada motto guyonan di pasar " Belilah saham ketika rumor berkembang dan juallah saham ketika rumor telah menjadi informasi nyata" Misalnya orang menebak2 kalau Jokowi berpasangan dengan JK akan disambut pasar dengan positip? nah, begitu hal itu telah resmi diumumkan kondisinya malah sebaliknya, IHSG mlorot jadinya he...heee.
Contoh lagi rumor berkembang bahwa Laporan keuangan emiten tertentu akan naik signifikan dan setelah harga bergerak naik dan pada saat diumumkan resmi Laporan keuangan emiten tersebut harga sahamnya malah turun. Pernah mengalami??

Jadi bagaimana hari ini?? melihat semalam Dow turun dan EIDO malah lebih mengerikan minus lebih 4% dan rupiah juga melemah mendekati 11500 lagi, lebih baik sabar dulu saja. Pakai kiat SADIS (Sabar dan Disiplin), Unsur Psikologis ini memang penting agar kita tidak terbawa emosional saja dalam trading.
Tunggu sampai ada sinyal balik untuk masuk pasar, sambil nunggu siapa tau dapat harga yg lebih murah kan?
Saya jadi ingat mungkinkah ini kondisi untuk memenuhi istilah SELL IN MAY AND GO AWAY?? semua hanya kemungkinan sih...

Terima kasih kepada teman2 yang telah bergabung di komunitas  WARUNG TEH Investa, setiap hari saya terima permintaan melalui BBM dari berbagai daerah, ternyata dari ujung ke ujung Indonesia. Semoga blog kita juga bermanfaat untuk saling pencerahan sesami investor/traders.
Untuk teman2 di Jakarta dan Surabaya yang mengusulkan pelatihan di dua kota tersebut saya akan berusaha untuk memenuhinya, akan coba saya susun jadwalnya dan saya coba ajak rekan kita KENEISHA yg banyak membantu blog kita sebagai salah satu instruktur.
Sementara ini saya masih di Bali karena ada in house training untuk para pegawai salah satu perusahaan, dan lanjut di Surabaya lanjut Jum'at seminar di Universitas Mustopo Jakarta.

Semoga sukses dan tetap hati2.

salam, investa
pin 2b7DD5EE (sampaikan salam investa kalau sudah terkoneksi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.