20 Apr 2014

Lima hari berturut-turut IHSG terus menanjak, posisi terakhir 4897. Beberapa analis TA mengatakan kalau IHSG bisa ke 4920 maka akan mudah lanjut ke 5000. Derasnya net buy asing memang punya nilai tersendiri dan merupakan pendukung kenaikkan IHSG, mereka masih antusias belanja dibeberapa saham.
Dari data yang tersedia bahwa investor asing memang masih dominan di bursa kita, itu tentu ada positifnya karena berarti semakin banyak capital inflow atau dana luar yang masuk ke negara kita. Sehingga bisa menambah cadangan devisa kita, rupiah juga bisa menguat terhadap US dollar, suku bunga bisa lebh murah, dengan investasi yg tinggi maka pembangunan infrastruktur akan berjalan dan perekonomian akan tumbuh.

Tetapi perlu disadari bahwa dana asing yg masuk melalui bursa ini sifatnya "hot money", artinya mudah masuk tetapi mudah keluar. Bisa kapan saja ditarik oleh pemiliknya
Mulai awal tahun ini sampai pekan lalu net buy asing telah mencapai Rp.30,9 triliun, dan IHSG melambung dari level 4200 sampai 4900. Nah, sekarang bagaimana asing mau membuat IHSG melambung lagi atau balik badan koreksi itu yg kita cermati.

Perkiraan inflasi bulan April nampaknya bisa terkendali, kalau saja cadangan devisa bisa bertambah lagi tentu akan lebih bagus fundamental ekonomi kita.
Tetapi naiknya IHSG yang sudah 5 hari ini semakin kecil, apakah ini indikasi akan ada koreksi? kalaupun koreksi saya kira wajar saja, itu koreksi sehat.

Kondisi Politik, semakin menghangat, dukung mendukung calon Presiden dan musim cari jodoh antar partai nampaknya terus menjadi sorotan publik. Situasi belum menentu, kondisi ini bisa menyulitkan prediksi arah pasar juga, karena menganalisa politik bisa lebih susah dibanding FA dan TA. Sekalipun tujuannya sama untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa dan negara kita tetapi dalam perjalanannya kadang kala politik itu bisa carut marut, kawan jadi lawan dan saling menghujat. Ini bisa menjadikan kurang nyaman. Moga2 semua berjalan lancar...dan aman.

Ibarat berjalan dipersimpangan IHSG mau belok kanan atau kiri, kita bisa memperkirakan tetapi tidak bisa memastikan, secara pribadi saya dalam posisi 60% di porto dan 40% cash, belum berani nambah muatan khawatir situasi berbalik turun.
Minggu ke 4 dan terakhir semakin membutuhkan konsentrasi, itu tadi sikon politik terutama koalisi dan pasangan calon Presiden nanti.

Selamat beraktifitas dengan cermat, cerdas dan hindari emosional yg kadang membuat kita terjebak.

salam, investa

pin.2b7DD5EE (setiap yg invate mohon langsung konfirmasi, pin hanya untuk diskusi investasi).

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.