13 Mar 2014


Setelah sempat masuk ke level 4700 IHSG kembali terkoreksi, koreksi sejenak atau masih mundur lagi?? Hanya ada dua kemungkinan memang, kembali naik atau turun lagi.
Penurunan IHSG kali ini lebih karena dipengaruhi faktor eksternal yaitu kondisi perekonomian di China, dimana China merupakan salah satu kekuatan ekonomi dunia. Sehingga apa yang terjadi terhadap China memang bisa mempengaruhi perekonomian dunia.
Indonesia sendiri mempunyai kepentingan terhadap ekspornya terutama pertambangan seperti batubara, nikel dll yang lebih banyak di ekspor ke China. Sehingga jika China ekonominya melemah maka importnya akan berkurang otomatis barang2 dari Indonesia juga berkurang yang dibeli.

Kekuatan ekonomi dunia itu antara lain Amerika Serikat, Jepang, China, Jerman, Inggris. Sehingga bila salah satu bermasalah maka akan mempunyai pengaruh terhadap ekonomi dunia termasuk Indonesia.
Masih ingat Yunani waktu krisis hutang? akhirnya menjalar kenegara2 eropa terdekat dan sempat juga mempengaruhi bursa dunia juga.
Makanya kita pantau perkembangan data2 di China, dan juga Ukraina yang sedang krisis politik dan keamanan karena sangat berpotensi mempengaruhi bursa kita juga.

Menjadi "pemain" saham memang mau tidak mau jadi pengamat ekonomi dan pengamat politik juga he..hee..tidak hanya mengamati Indonesia saja tapi sudah mengamati dunia internasional lho, hebaat kan..

Semalam Dow berakhir mixed tapi EIDO ditutup plus 0,68% , perkiraan saya IHSG akan di ring 4660 -  4710.
Hari ini ada pengumuman BI Rate, kalau BI Rate naik maka berpotensi menekan saham2 Bank dan properti karena suku bunga tentu akan ikut naik, sebaliknya kalau BI Rate turun itu akan bagus terhadap Bursa secara umum.
Harga minyak dunia kembali turun dibawah US$ 100, tapi Gold kembali naik, sehingga hati2 terhadap CPO dan batubara yang biasanya mengikuti gerakkan harga minyak.
Menu hari ini saya lagi cermati UNVR, ACES, INKP, KAEF dengan harga close kemarin cukup menarik untuk main jangka pendek dengan target 2% sd 3%.

Mohon maaf kemarin tidak sempat menyajikan Teh Anget, karena harus menemui tamu pagi2, dan kadang siang saya hanya bisa sekali2 nengok Warung kita (investalpppm.blogspot.com).
Tapi saya sangat senang kayaknya banyak yang sedang menikmati Cuan nih...dan banyak pengunjung yang saling memberikan pencerahan. Lanjutken...he..heee biar tambah ramai dan bermanfaat.
Bagi teman2 yang menjalin kontak via BBm ke saya mohon jika sudah terima bisa respon supaya saya tau bila anda pengunjung blog.
salam, investa
pin 2b7DD5EE
blog. investalpppm.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.