10 Mar 2014

Langkah IHSG melewati 4700 masih tertunda, terjadi profit taking dibeberapa saham, termasuk BC yang punya bobot tinggi terhadap IHSG. Tapi ini koreksi yang sehat karena beberapa faktor utama juga masih bagus. Asing juga masih lebih banyak belanja, rupiah menguat lumayan.
Selama asing masih net buy terus maka IHSG biasanya akan tertahan, kecuali kalau terjadi kondisi sebaliknya, kita mesti ambil sikap tegas. Keluar pasar kalau perlu....karena tidak bisa dipungkiri asing masih memimpin pasar.

Ada dua hal yang bisa dilakukan ketika terjadi koreksi, Pertama lakukan avarage down atas saham yang dimiliki supaya harga rata2 menjadi turun. Tetapi sebaiknya avarage down ini HANYA dilakukan sekali saja (misalnya kalau harga turun 5%), tetapi kalau harga ternyata turun lagi jangan kejar, biarkan dan kita menunggu waktu saja untuk kembali.
Kedua ya Cut Loss dan menunggu diharga bawah atau tukar saham yang lain
Sebab sebagai trader memang setidaknya kita punya strategi, walaupun dengan cara yang paling sederhana, dan itu perlu dicoba terus walaupun kadang ongkosnya cukup mahal dengan mengalami kegagalan.
Kita berharap kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda.

Sayang sekali kalau kita beberapa kali gagal dalam trading dan kerugian semakin banyak tetapi kita tidak mau merubah strategi tradingnya, ini hanya memperparah keadaan.
Kegagalan itu terjadi karena kondisi pasar secara umum memang lagi tidak bagus, atau karena strategi dan pilihan kita yang salah. Ini yang perlu dievaluasi. Tidak ada kata terlambat semua bisa diperbaiki.

Ini sedikit pencerahan sajian Teh Pagi, siapa tau ada manfaatnya.

Salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.