28 Mar 2014

Sistem perdagangan yg baru (Pre Closing) kembali dimanfaatkan "Bandar" untuk mengatur penutupan IHSG. Seharian IHSG diteritorial positip bahkan sempat Plus 0,5% tetapi akhirnya ditutup Negatip 0,1% itupun diketahui saat Pre Closing.
Sebenarnya untuk mengatur IHSG memang tidak terlalu sulit yang penting punya saham BC banyak dan dana besar. Jika ingin IHSG naik tinggal borong saham2 BC yg punya bobot tinggi terhadap IHSG dan sebaliknya jika ingin IHSG turun tekan saja pakai saham2 yg ada tersebut.
Kalau melihat Penutupan IHSG setiap traders aktif pasti tau kalau ada kekuatan besar (Bandar) yang mendesain IHSG turun, dan hanya bisa dilakukan oleh Bandar yang terkordinir dengan rapi. Tapi mau apa lagi..?? kita bisa merasakan tetapi tidak bisa main tuduh orangnya, mereka memanfaatkan aturan yang ada, jadi tidak ada yang dilanggar, itu hebatnya.

Hari ini perdagangan akhir pekan sekaligus akhir bl. Maret, bulan yg biasanya juga dipakai Pelaporan2 karena akhir kwartal pertama, apakah mungkin akan terjadi Window Dressing bulanan? Beberapa Manajer Investasi punya kepentingan dan punya peran untuk Laporan setiap kwartal (3 bulan)
Dari kondisi politik nampaknya masih adem ayem menjelang Pemilu Legislatip, mungkin akan lebih anget kalau Pilpres besuk. tetapi kemungkinan situasi akan lebih menghangat pekan depan, jadi sebagai traders/investor selayaknya memperhitungkan setiap kondisi.

Saham Group Bakrie kembali rontok terutama BUMI, saham2 ini memang dikenal si pemakan korban (kalau dulu saham sejuta umat), beberapa kali saya mengingatkan untuk ekstra hati2 jika bermain-main dengan saham BUMI dan afiliasinya. Kalau ibarat Madu dan Racun maka perbandingannya Madu 20% dan Racun 80%.
Lihat saja beberapa waktu lalu tanpa alasan yang kuat saham2 ini diangkat tinggi2 bahkan ada yg AR kanan, tetapi sekarang rontok bagai daun yg berguguran. Kalau saja investor terpengaruh emosionalnya dan belanja waktu naik saat itu dan belum sempat keluar wow bisa sakit gigi + mules lho sekarang...
Bukannya tidak boleh belanja saham group Bakrie tetapi butuh mental yg kuat dan disiplin tinggi serta berani Cut Loss. Dari sisi Fundamental saham tersebut belum ada yg bisa diunggulkan, raportnya masih merah jadi apa yg dharapkan??

Semalam DOW mixed dan EIDO naik 0,5% minyak dunia juga diatas 101 dan emas turun dibawah US$ 1300. Akhir pekan ada yang menganggap kurang nyaman apalagi long weekend dan musim kampanye he..hee.
Tapi seperti saya sampai diatas ini akhir bulan Laporan Kwartal satu banyak yang berkepentingan agar Laporannya "nampak" bagus, jadi kemungkinan untuk WD saham2 tertentu bisa saja terjadi.
Silahkan dipertimbangkan masing2 dan putuskan yg terbaik semoga sukses.

salam, investa
pin 2b7DD5EE

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.