21 Mar 2014

Kemarin IHSG gantian turun paling dalam dibandingkan bursa yg lain sekaligus menembus level 4700 (4698), investor asing net sell, Rupiah melemah dan saham perbankan juga turun lumayan banyak.
Jadi semua indikasi yang sering saya pakai untuk menebak IHSG memang menunjukkan bahwa IHSG akan turun.
Sebenarnya ketika IHSG akhir pekan lalu dari Minus ke Plus 3% itu saya kira semua traders aktif sudah merasa bahwa kenaikannya terlalu dipaksakan.
Banyak teman2 komunitas banyak yang komentar dan merasakan hal yang sama, tapi....dasar Traders kadang2 gatel juga kalau lihat monitor tidak melakukan aktifitas he..hee...
Yang paling membuat kecewa mungkin ada sebagian traders adalah saat itu tidak jualan tapi malah menambah muatan (beli lagi), maka kalau terjadi koreksi semacam ini ruginya bisa double lho...moga2 para pengunjung blog kita pada selamet dan dapat cuan semuanya..

Semalam DOW kembali hijau naik 0,67% tapi EIDO masih minus 2,2% dan beberapa bursa EROPA bervariatif ada yg naik dan ada yg turun. Harga Minyak dunia kembali longsor dilevel US$ 98, demikian pula beberapa pertambangan yang lain.
Jadi ikutan mana ya IHSG ? ikut DOW atau EIDO ? sebaiknya kita cari penyebabnya dulu atas penurunan IHSG apakah karena pernyataan Yellen yang akan menaikkan suku bunga lebih cepat, masalah tapering atau faktor internal yang koreksi atas kenaikan pekan lalu itu?
Kalau tahun lalu secara keseluruhan DOW sangat berlawanan dengan IHSG, karena DOW dipuncak sedangkan IHSG justru minus akhir tahun 2013.
Jadi kita mesti mencermati, memilah2 dan membuat analisa atas semua kondisi yang terjadi baru kita memutuskan mau nambah muatan atau mengurangi portofolio. Atau justru melakukan pemindahan portofolio saham disesuaikan kondisi yang terjadi.
Secara pribadi saya lebih menganjurkan yang terakhir, yaitu melakukan pemindahan jenis saham dengan menyesuaikan kondisi yang terjadi.
Misalnya bagaimana posisi rupiah, kalau rupiah menguat kita beli saham apa dan kalau rupiah melemah kita beli saham apa, karena pasti ada perbedaan karakter saham2 yang ada di Bursa.

Hari ini perhatikan dulu seperti biasa mengenai kondisi regional terutama Jepang, Hongkong dan China serta perilaku asing. Dalam penurunan kemarin ada beberapa saham yang saya amati penurunannya jika harga menarik jika memungkinkan kondisi pasarnya bisa mulai masuk, antara lain UNVR, BBTN, ASRI, ELSA, INCO, ANTM, BEST. Tapi semua tergantung kondisi jangan tergesa2, lebih baik terlambat tapi cuan dari pada kecepetan tapi loss.

Oke selamat berdagang semoga semuanya dapat rejeki. Pagi ini saya berangkat lagi ke Surabaya melanjutkan Ngamen minggu lalu sampai Minggu sore. Buat teman2 yang di Surabaya kalau ada waktu boleh makan Rawon Setan atau Rujak Cingur sama saya he..hee..

salam, investa
pin 2b7DD5EE (khusus buat pengunjung blog dan nasabah BNI SEC)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.