20 Feb 2014

Dibanding akhir Januari 2013 yang lalu IHSG (4274) telah tumbuh 7,4% karena kemarin IHSG ditutup 4592, pertumbuhan yang cukup bagus. Apakah IHSG akan kembali menembus 5000 pada tahun ini? tentu harapan selalu terbuka tetapi meramal masa yang akan datang bukanlah hal yang mudah.
Apalagi yang namanya pasar saham berbagai faktor bisa mempengaruhi kondisi, perubahan kadang terjadi begitu cepat sehingga perlu kecermatan dalam memprediksikan arah pasar kedepan.

Tahun lalu IHSG kita pernah mencapai 5200 sekitar bulan Juni 2013 begitu cepat naiknya tetapi akhir tahun longsor kembali ke 4274. Tentu menyakitkan bagi investor yang belanja ketika IHSG dipucuk saat itu.
Ada bagian pengalaman yang selalu saya ingat yaitu jika harga saham naik terlalu tinggi dengan cepat maka bisa jatuh dengan cepat pula. Sekiranya ini juga terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, lebih baik bertahap tapi konsisten naiknya, sehingga kalau jatuh juga tidak langsung terkapar.

Semalam DOW koreksi turun 0,56% tapi EIDO naik 0,44%, Minyak naik kembali menjadi $ 103. Hari ini IHSG akan mencoba menembus 4600, mampukah? Melihat asing masih agresif masuk ke pasar nampaknya pasar masih optimis kecuali kalau nanti asing mulai profit taking ya sebaiknya kita hati2. Maklum asing masih pegang kendali di pasar kita, selain mereka mempunyai saham lebih banyak nilainya +/- 57% juga faktanya investor ritel masih lebih banyak yang "ngikut" perilaku asing.
Ikut jualan  kalau asing lagi jual dan ikut beli kalau asing lagi borong saham.

Menu hari ini saya masih fokus ke PGAS, ADRO, ERAA, TINS, PTRO, HRUM, ELSA. dengan tetap memperhatikan pergerakan investor asing dan nilai rupiah.  Saham CNKO memang kemarin action dengan volume yg banyak, jika nanti nembus 250 baru ada kemungkinan mulai masuk.

Buat para sahabat yang kemarin ikut bergabung baik di pelatihan investor atau profesi secara online saya ucapkan selamat bergabung dan semoga ada manfaatnya.

Semoga sukses.

salam, investa
pin. 2b7DD5EE
investalpppm.blogspot.com
email. investa.p3m@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.