4 Feb 2014

Perdagangan hari pertama Pebruari ternyata DOW, SP dan Nasdaq anjlok lebih dari 2%, EIDO minus 3,71% justru turun melebihi 3 indeks utama Wallstreet tersebut. Dari pertimbangan ini rasanya IHSG berat untuk bertahan untuk tidak turun.
Rilis inflasi serta neraca perdagangan sudah diketahui kemarin dan yang terjadi adalah IHSG turun 0,7% (4386) dengan tekanan investor asing yang net sell 452 M.
Pesan saya harap super hati2 hari ini melihat perkembangan yang tidak nyaman ini, untuk saham2 yang sudah naik lumayan sejak akhir Desember lalu rawan terkoreksi.
Beberapa waktu IHSG sempat anomali ketika bursa global turun lumayan tajam, mampukah prestasi itu diulang? Dalam situasi seperti ini memang phisikologi kita sangat punya peran penting, bagaimana tidak panik, tidak emosi tetapi tetap berpikir rasional dan tenang.
Semoga saja IHSG tidak sampai nembus 4300, karena bisa lebih rawan jika sampai kebawah. Pilihan saham jadi relatif lebih sulit memang dalam situasi saat ini, kecuali saham2 yang sudah diprogramkan Bandar.
Lebih bijak amati dulu pasar di sesi pembukaan sampai sesi pertama, jika pasar turun drastis lihat saham2 yang biasa mantul cepat dan jika turunnya 2,5 kali IHSG silahkan kalau mau coba odt. Misalnya IHSG turun 2% tapi ada saham bagus yang turun 5% itu yang mungkin bisa untuk pilihan trading, karena biasanya ada pantulan beberapa poin. Namun tentu cermati terus sampai ada tanda2 tekanan sudah mulai terbatas.
Tapi trading ini hanya yang berjiwa traders karena resiko tetap tinggi.
Sekali lagi tetap tenang dan tidak panik menghadapi gejolak pasar.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.