27 Jan 2014

Kalau Jum'at pagi kemarin saya mengingatkan kemungkinan IHSG koreksi, maka untuk awal pekan ini selayaknya kita pasang sabuk pengaman lebih kencang karena kemungkinan akan menghadapi areal penurunan yang bisa lebih curam. 
Melihat DOW yang turun hampir 2% dan EIDO yg minus nyaris 4%, bisa membikin hati harap2 cemas juga (ini sih bukan ngeri2 sedap lagi).
Seberapa mampukah IHSG mempertahankan diri nanti? kalau melihat tekanan Jum'at ditambah kondisi Bursa global yang rontok rasanya berat IHSG untuk tidak merah awal pekan ini.
Memang sebagai satu konsekuensi dalam investasi keuangan bahwa kondisi eksternal tidak bisa diabaikan, kita tidak bisa mengandalkan FA atau TA saja karena faktor lain masih bisa mempengaruhi baik IHSG maupun harga saham. 
Buat yang posisinya lebih banyak di cash punya kesempatan untuk berjaga2 nampung harga bawah, sekaligus cari saham dan saat yang tepat.
Saham2 BC memang paling rawan hari ini terjadi koreksi kalau melihat EIDO turun tajam, sebaiknya cermati dulu seberapa koreksi nanti akan terjadi, bagaimana posisi asing apakah ikut menekan atau mencoba mempertahankan IHSG. 
Cobalah tetap tenang dan tidak panik karena kondisi2 semacam ini sudah sering kita alami. Kepanikkan hanya akan memperparah kondisi masing2.
Semoga yang terjadi tidak seseram penurunan EIDO, pasar kadang punya keinginan yang berbeda, maklum banyak faktor yang saling mempengaruhi.
Tetap sabar, tenang dan disiplin.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.