30 Dec 2013


Mampukah hari Senin 30 Desember yang merupakan hari perdagangan terakhir 2013 memberikan sedikit hadiah kepada investor saham?? Kalau saja IHSG mau sekedar menyamai IHSG akhir th.2012 (4317) dibutuh 105 poin lagi atau 2,5% dari penutupan hari Jum'at lalu yg tutup di 4212. Walaupun sangat berat karena terhadang pelemahan Nilai Rupiah yang saat ini de level 12260 an namun faktor WD masih ada kemungkinan untuk mendorong IHSG lebih atas lagi dari kemarin. Saya pernah memprediksi akhir th setidaknya di level 4320, tapi ternyata kondisinya memang sangat berat. Jadi kita hanya bisa menunggu hari Senin ini bagaimana para Fund Manager dan pelaku pasar akan membawa IHSG menutup hari perdagangannya.

Fundamental ekonomi kita memang sangat berpengaruh terhadap kinerja Bursa yang sampai tgl.27 Desember 2013 kemarin sebagian besar saham yang tercatat mengalami penurunan dibandingkan setahun yang lalu. Namun demikian ada sekitar 160 an saham yang masih bisa tumbuh dan bahkan ada 16 saham yang tumbuh diatas 100% (diantaranya 2 saham yg naik diatas 1000% yaitu ITMA dan GMTD). Jadi sekalipun kondisi Bursa memang susah, tetapi jika ada investor yang bisa beruntung pilihan portofolionya pada saham yang "pas" yaitu saham2 yang naik tersebut tentu tahun 2013 ini tetap memberikan rejeki juga. Tapi sekali lagi itu tidaklah mudah. Sebagian besar NAB Reksa Dana juga banyak yang MINUS dibanding setahun yang lalu, dari 133 jenis Reksa dana SAHAM hanya ada 16 RD yang NAB nya positif sedangkan lainnya rontok, padahal mereka juga dikelola Manajer Investasi yang profesional.

Sekedar mengingatkan untuk akhir perdagangan akhir tahun ini "Jurus Pra Closing" bisa diterapkan, karena kemungkinan ditarik beberapa poin keatas bisa saja terjadi sekaligus BD melakukan WD pada detik2 terakhir. Apalagi terhadap saham2 yang jumlahnya sedikit. Saham2 BC penopang IHSG masih seperrti menu kemarin, karena saham2 tersebut mempunyai kapitalisasi pasar yg besar sehingga punya bobot perhitungan tinggi thdp IHSG.

Mari kita sambut perdagangan akhir tahun Bursa Eek Indonesia ini moga2 masih ada peluang kita mendapatkan rejeki, serta moga2 juga tahun depan berharap kondisi Bursa akan lebih baik lagi.

Salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.