20 Dec 2013

IHSG kembali naik 0,8% di posisi 4232, saya pribadi  masih mempunyai target akhir tahun 2013 IHSG 4320 sd 4360 jadi masih ada ruang kenaikan sekitar 3% lagi dari sisa hari bursa 5 hari yang ada.
Beberapa saham penopang IHSG sudah memperbaiki posisi, inilah proses Window Dressing yang kemungkinan mulai dilakukan Manajer Investasi maupun "pesanan" emiten secara bertahap.
Manajer Investasi memang mempunyai kepentingan terhadap kinerja portofolionya agar nampak manis di akhir tahun nanti dan sedapat mungkin lebih tinggi dibanding IHSG.
Saham2 yang naik kemarin yang kebanyakan masuk dalam portofolio Reksa Dana seperti ASII, TLKM, GGRM, SMGR, INTP, BMRI yang masuk kategori BC. Kenapa BBRI masih dalam tekanan? Perkiraan saya karena BBRI ini punya hutang dalam bentuk Obligasi Dollar ($) sehingga bebannya cukup berat dengan pelemahan rupiah yang sudah nembus 12.200.
Tapi saya juga optimis sampai akhir tahun BBRI akan diangkat kembali, karena BBRI merupakan salah satu Lead saham Perbankan bersama BMRI dan BBCA.
Saham properti dan konstruksi masih dalam tekanan,itu kemungkinan karena rupiah semakin tak berdaya,  tapi di level saat ini cukup murah harga saham nya dan menarik kalau mau dikolek.

Karena minggu depan sudah mulai banyak liburan, kemungkinan pasar akan relatif sepi tapi fluktuasi akan tetap tinggi. Perhatikan setlement anda untuk bisa mengatur cash flow pembayaran dan penerimaan dana hasil transaksi, misalnya kalau anda jual hari ini maka akan terima dana baru tgl.27 Desember (krn tgl. 25 dan 26 libur), hari terakhir perdagangan tgl.30 Desember 2013.

Manfaatkan hari2 terakhir perdagangan ini sebaik mungkin, terpenting pilih saham2 yang punya potensi WD siapa tau dapat rejeki akhir tahun.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.