23 Dec 2013

Tinggal empat hari terakhir perdagangan di Bursa Efek untuk th 2013 ini, bisakah IHSG ada perbaikan paling tidak melewati angka penutupan akhir th.2012 ? Kondisi memang amat sulit karena saat ini tekanan terhadap Rupiah paling menjadi penyebab rontoknya IHSG.

Jadi andai kata mau melakukan Window Dressing maka yang perlu dilalukan adalah jika BI mau membantu intervensi untuk mengangkat Rupiah  dan  bersamaan dengan itu Fund Manajer baru melakukan WD atas saham2 yang Blue Chip.

Jika rupiah masih dalam kisaran diatas 12.000 maka memang berat bagi IHSG untuk menanjak. Namun peluang WD untuk saham2 tertentu secara individual salalu ada kemungkinan tanpa dipengaruhi IHSG.
Berbagai analis tentu punya argumen sendiri2 tentang WD ini, tentu kembali ke kita masing2 dalam segala keputusan.

Kita bisa melakukan spekulatif untuk "menangkap" saham WD ini dengan berbagai pertimbangan yaitu yang pertama adalah saham BC yang kira2 banyak di miliki Reksa Dana dan mempunyai bobot tinggi terhadap IHSG. Kedua saham "lapis dua"  yang mempunyai kinerja/Fundamental bagus tetapi harganya sedang jeblok dan ketiga adalah saham "lapis tiga" yang masih menghasilkan Laba walaupun saham ini tidak likuid.
Saham yang TIDAK likuid ini sangat mudah ditarik keatas oleh Bandar pas hari terakhir perdagangan.

Sekedar mengingatkan transaksi pembelian hari ini tgl.23 Des akan setlement pembayarannya tgl.30 Des karena tgl.25 / 26 Des libur, kalau pembelian tgl.24 Des besuk maka pembayarannya tgl.2 Januari 2014 karena kena hari libur 24/26/31 Des dan 1 Jan diluar sabtu dan minggu tentunya. jadi yang pakai margin bisa perhatikan tgl.-tgl tersebut kalau mau menghindari bunga margin   (kemungkinannya adalah tg.24 Des).

Segala kemungkinan bisa terjadi di bursa, tapi semua juga bebas pemrediksi, dan apapun kondisinya semoga kita mendapat yang terbaik.
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.