3 Oct 2013

Sesuai prediksi kemarin IHSG seharian di "Jalur Hijau" naik 0,96% (4387), meski sempat naik 1,5% sampai berakhir sesi satu tapi semakin mendekati closing IHSG semakin pudar. Beberapa saham yang semula mengalami kenaikan berangsur turun kembali bahkan diantaranya berakhir di "jalur kuning" atau sama dengan harga penutupan sebelumnya (Selasa).
Kenapa begitu?? Ada beberapa analisa saya, yang pertama pengaruh Dowfut yg memerah (turun) karena berindikasi DOW akan turun, Bursa Regional terutama Jepang turun tajam. Kedua adalah masih adanya kekhawatiran kondisi di AS tentang Shutdown dan stimulus. Ketiga trader saat ini seakan menggunakan jurus yang sama yaitu "permainan jangka pendek" beli pagi jual sore kalau perlu alias ODT.
Traders juga tidak salah karena situasi yang cepat berubah sehingga menuntut main pendek, yang penting dapat gain mereka realisir dulu.Sehingga kenaikan saham melebihi 2% biasanya akan dipakai untuk TP dulu, bahkan kalau sudah menjelang tutup berapapun gainnya ya ambil saja...
Saham2 koleksi saya SMGR, PTPP, ADHI, LPKR, ASRI sempat naik lumayan kemarin tapi tutupnya balik keharga sama lagi, jadi kalau telat jualnya ya kadang bikin kecewa. Itulah kondisi saat ini, sehingga saya belum nyaman kalau harus cerita bila investasi semakin lama semakin baik, setidaknya untuk kondisi saat ini.
Namun kalau investor yang teguh dengan pendiriannya untuk menyimpan jangka panjang juga baik2 saja dan silahkan yang penting pilihan sahamnya yang benar. Pilih kinerja yang bagus dan harga yang murah, hold sampai  harga sesuai harapan baru realisir.
Karena pola transaksi saya menggunakan Target maka saya biasanya langsung pasang pada target harga jual, kalau mencapai harga tersebut ya sudah ambil untung dulu walaupun kadang ada rasa kecewa yaitu kalau ternyata harga naik lebih tinggi Saya anggap itu bukan resiko tapi rejeki saya memang seperti itu dan itupun sesuai keinginan.
Resikonya kalau harga belum mencapai target tapi kembali turun maka saham saya terpaksa tidak laku dan sementara rejeki belum bisa diterima.
Masing2 traders tentu punya karakter dan tipe trading masing2, silahkan saja tapi sebaiknya memang diupayakan mencari yang lebih baik, kalau tipe trading salah ya kita perbaiki dengan cara belajar.
Hari ini mungkin IHSG akan mixed sambil menunggu perkembangan termasuk menunggu hasil Lap Keuangan akhir September dari para Emiten. Itu sangat saya perhatikan karena sangat penting sebagai bahan analisa terutama setelah rupiah melemah dan suku bunga naik ini, bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja Emiten.
Hari ini saya kembali akan lirik TINS, PTRO, ANTM, INCO untuk trading sambil menunggu sisa saham kemarin yang belum laku. Sesekali saya juga akan "main2" saham yg tidak terlalu likuid memang resiko besar tapi kalau naik juga lumayan seperti KKGI, INAF, KAEF tentu lot nya ga usah banyak2.
Salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.