4 Sept 2013

Ulasan pagi kemarin di blog (investalpppm.blogspot.com) saya sudah rekomendasikan ke sektor pertambangan hasilnya : INCO (+1%), KKGI (+5%), ADRO (+1%), INDY (+24% AR), ELSA (zero) dan MPMX (+6%) silahkan baca kembali.
Tapi namanya rekomendasi, tentu tidak selalu bisa benar (disclaimer), jadi silahkan dengan keputusan masing2. Saya hanya bisa memberikan ulasan sesuai dengan alur analisis saya. Dalam kondisi seperti ini tidak mudah memang memilih saham termasuk strategi tradingnya.
Kenapa sektor pertambangan menjadi pilihan? sederhana saja,  kita adalah penghasil tambang yang luar biasa besarnya, dan meski ekspor kita belum maksimal untuk saat ini tapi dengan dolar yang lagi naik terhadap rupiah maka tentu sangat diuntungkan perusahaan2 tersebut, kalaupun volume tetap sama tapi pendapatannya akan bertambah (dari 9800 menjadi 11000 per $ itu naik 12%).
Saat ini emiten sektor pertambangan yang tercatat di Bursa cukup banyak, anda bisa pilih yang terbaik bisa dari kinerjanya, volume ekspornya, dan murah harganya. Yang penting jangan pilih yang banyak hutang dolarnya, karena kenaikan pendapatan dari selisih kurs akan tidak seimbang dengan kenaikan beban hutangnya.
Karena nilai import kita lebih besar dari ekspornya (defisit), secara umum maka kenaikan dolar tetap memberatkan untuk pertumbuhan ekonomi kita. Jadi kalau memilih saya tetap memilih rupiah yang menguat dan stabil.
Sayang sekali harapan itu belum menjadi kenyataan, karena kemarin dolar ditutup tertinggi dalam tahun ini (sesuai data BI). Jadi saya sarankan tetap hati2 tradingnya.
Hari ini pertambangan masih bisa untuk jadi kegiatan trading harian, silahkan tik tok dengan target masing2 asal disiplin. Selain saham pertambangan tersebut diatas masih mungkin ditambah pilihan BIPI dan CNKO silahkan dicermati.

Buat teman2 yang masih tercatat sebagai members tetap bisa menghubungi saya baik via YM, BBM maupun SMS. Tentu saya akan respon untuk diskusikan pertanyaan teman2 members. Untuk yang non members silahkan kita bisa diksusi via Blog kita yabg telah tersedia di "ruang" diskusi (chatango.com).

Semoga kita dapat rejeki hari ini apapun kondisinya...

salam, investa   

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.