26 Jul 2013

Kembali IHSG turun dibawah 4700, kemarin turun 0,9% menurut pendapat saya akibat penurunan nilai rupiah yang berkelanjutan sempat 10335 sebelum ditutup 10.262. Tiga saham pilihan saya ACES, AISA dan PTRO, dua diantaranya ACES dan AISA sempat naik  2 dan 3 poin sebelum ditutup keharga semula dan PTRO turun 1 poin. Dalam kondisi seperti ini mungkin tidak banyak analis yang bisa menebak tepat saham mana yang akan naik, karena 9 sektor saham yang ada di bursa mengalami penurunan.

Kembali saham ANTM dan TINS kemarin juga bertahan, seperti saya tulis bahwa saham tersebut bergantung komoditasnya (Gold dan Silver) jadi pantau terus keduanya (antara lain bisa dilihat di www.cnbc.com). BBNI yang Lap Keu semester satu mengalami kenaikan laba 30% harga sahamnya naik 2 poin.   
Jadi semua memang selalu ada SEBAB dan AKIBAT, kalau trading tanpa memperhatikan kondisi yang ada bagaikan menebar uang di jalanan. Secara teori bahwa harga saham itu merupakan cerminan kinerja perusahaan baik masa lalu maupun ekspektasi kedepan. Maka seorang traders setidaknya mempunyai wawasan tentang Perekonomian FA, TA , dan Manajemen Keuangan, itupun masih harus mempunyai psikologi yg prima. Ini yang membedakan bahwa Trading saham ini bukan Gambling.
Sekalipun tetap disclaimer artinya tidak ada jaminan tetapi setidaknya saya ingin membuat saham yang dipilih itu yang terbaik, untuk itu saya tetap berhati2 dan memang saya juga tidak bisa memaksakan harus belanja karena saya tidak mau "melawan pasar" jika pasar sedang dalam tekanan kenapa memaksakan diri untuk belanja?? harusnya Short Selling kalau bisa. Nah belanjalah pada saat yang tepat ketika sinyal sudah nampak.
Tapi yang perlu diingat juga bahwa naik / turunnya harga saham pasti ada batasnya, kalau kita sebagai investor sepanjang pilihan sahamnya didukung Fundamental yg baik dan saat ini harganya masih turun jangan terlalu galau, anda menunggu waktu saja untuk sahamnya naik kembali.
Saya kira saham2 yang tersebut diatas masih bisa di cermati termasuk saham pilihan yang dua hari lalu saya email.
Kemarin sore ada Sidang kabinet yang antara lain membahas nilai rupiah dan inflasi, moga2 ada hasil yang baik dan Pemerintah bisa mengambil sikap atas kondisi saat ini, tentu tidak hanya mengatakan bahwa penurunan nilai uang terhadap dolar AS terjadi diberbagai negara.
Saya akan terus coba bersama teman2 baik di blog investa maupun di YM setiap jam trading dan bila sewaktu2 ada ide baru akan saya sampaikan, kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Semoga sukses untuk kita bersama.
salam, hari prabowo (investa)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.