1 Aug 2013



Hari ini investor / traders akan fokus ke pengumuman besaran inflasi bl.Juli 2013, tentu hal ini akan sangat penting sebagai pertimbangan investor/traders karena akan punya pengaruh terhadap kondisi bursa.
Tingkat inflasi bisa menggerakkan suku bunga misalnya kalau inflasi ternyata dinilai terlalu tinggi maka bisa saja Bank Indonesia menaikkan BI Rate dan setiap perubahan suku bunga akan banyak dampaknya bagi dunia usaha termasuk perusahaan2 yang telah menjual sahamnya di bursa, karena hampir semua perusahaan selalu berhubungan dengan perbankan.
Gimana kalau inflasi tinggi ?? BI kemungkinan akan menaikkan BI Rate dan tentu akan diikuti oleh suku bunga Kredit perbankkan, inilah yang bisa berpengaruh langsung ke Bursa Saham. Seperti diketahui suku bunga bank akan berlawanan dengan Pasar Modal, kalau bunga naik harga saham bisa turun dan sebaliknya.
Inflasi akan punya kaitan dengan suku bunga dan nilai tukar rupiah yang juga  akan berdampak pada harga2 saham tadi. Lantas saham apa yang akan paling terpengaruh langsung? yaitu saham Perbankkan dan Properti.sebelum yang bisa merambat ke saham yang lain.

Jadi bagaimana sebaiknya posisi investor / traders ?? kita memang hanya bisa memprediksi berdasarkan data, tapi bisa saja realitanya berbeda karena bursa dipengaruhi oleh banyak faktor. Kita cermati saja kalau inflasi sampai jauh diatas 8% (tahunan) maka harap hati2 karena potensi kenaikan suku bunga sangat tinggi, tapi kalau inflasi tidak terlalu tinggi maka bisa jadi IHSG akan naik kembali. Kali ini inflasi memang berat karena menjelang Hari Raya  harga2 barang kebutuhan naik tinggi selain dampak dari kenaikkan BBM yang lalu. Kebersamaan peristiwa ini ysng mengakibatkan inflasi bisa tinggi.
Inilah konsekuensi kita sebagai investor/traders harus mau belajar dari suatu peristiwa ekonomi yang akan mempengaruhi kondisi Pasar Uang dan Pasar Modal. Ini juga pembelajaran agar investor / traders  sebaikknya dibekali pengatahuan ekonomi, fundamental dan tehnikal analisis serta manajemen Keuangan Portofolio agar menjadi Investror / traders yg tangguh dan hasilnya sesuai harapan.

Untuk Trading harian saat ini saya akan cermati JPFA, ANTM, INKP, DILD, ACES. dan untuk Jk.Menengah (3 bulan) adalah AISA, ELSA , CTRP, PTPP, WIKA, WSKT. DILD.
Untuk trading tentu cari harga terbaik termasuk kalau lagi turun tajam seperti kemarin kita berharap akan memanfaatkan pantulan, misalnya saham ERAA dan GJTL ketika ditekan melebihi 7% sehari penurunannya saya biasanya akan colek dan begitu dapat pasang jual diatas 3 point lumayan kan kalau bisa terjual. Kalau kita bisa dapat ERAA 1610 dan jual 1700 lumayan besar itu cuan nya. Jadi Traders juga bisa memanfaatkan fluktuasi ketikan kondisi saham lagi ditekan turun, tapi kedisiplinan memang harus tinggi.
Saya berharap teman2 Traders baik yang members maupun non members bisa menggunakan komunikasai dengan kami melalui Box (chatango) yang telah kami sediakan di blog kami ( investalpppm.blogspot.com) agar kami tetap bisa menemani baik yang members maupun non members. Selain agar blog kita tetap ramai pengunjung.
Tetapi khusus members bisa menghubungi saya juga lewat YM seperti biasa jika ada hal2 yang perlu dikonsultasikan secara individu.
Sementara ini kami sedang mencari alternatif media yang bisa digunakan secara efektif untuk para members termasuk nasabah BNI Securities Semarang.
salam, hari prabowo ( investa )
YM hari.prabowo56@yahoo.com

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.