25 Jun 2013

Ada pepatah "Sedia Payung sebelum hujan",....dan kini hujan turun  pada bulan Juni yg mestinya masuk musim kemarau, walau diluar perkiraan tapi kalau itu memang terjadi kita tidak kuasa menghalangi. Apa yang yg harus kita lakukan adalah berlindung, dan itulah gunanya payung.
Demikian pula kondisi Bursa ketika belum lama banyak analis yang memprediksi bahwa IHSG akan menuju 5500 bahkan 6000 pada tahun ini,
tiba2 Bursa anjlok begitu cepat IHSG pun turun demikian cepat dari ketinggian 5214 bulan Mei ke 4429 penutupan kemarin.
Faktor eksternal lebih dominan mempengaruhi bursa kita, sekalipun kemarin IHSG sempat naik diawal sesi merespon kenaikan BBM tapi akhirnya tidak mampu menghindar dari pengaruh bursa global, apalagi Sanghai turun lebih dari 5% sehari dan Hangseng turun lebih 2%.
Kekhawatiran terhadap perekonomian  China yg akan memperketat likuiditas telah membuat bursa menjadi semakin runyam setelah Bank Central AS akan mulai mengurangi stimulusnya serta Nikkei yg sempat jatuh juga.
IHSG sekarang sudah mendekati posisi awal tahun dikisaran 4300, apakah IHSG akan menuju kesitu?? tentu kemungkinan slalu ada walaupun saya berharap agar situasi kembali normal.
Hari ini mari kita cermati apakah bursa Regional terutama Sanghai, Nikkei dan Hangseng. Suka atau tidak karena arah bursa regional itu akan mempengaruhi bursa kita saat ini.
Saya sendiri akan mulai belanja secara bertahap karena melihat beberapa target saham memang sudah murah, kemungkinan turun mungkin masih ada tetapi kalau mantul potensinya akan lebih besar.
Saya akan pasang Buy  hari ini diantaranya saham BBNI, BBRI, PTRO, INDY, INKP CTRP, CTRA, KIJA, JPFA  2 point dibawah harga penutupan kemarin.
Marilah kita lebih hati2 karena rintangan semakin banyak, buat yg belum menguasai emosi lebih baik duduk manis dulu sambil menunggu situasi normal kembali tetapi kalau anda berjiwa trader dan bisa menguasi psikologi dengan baik, silahkan lanjut tradingnya dengan disiplin.
salam, investa 

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.