26 Jun 2013

Mungkin para Traders kemarin cukup tercengang terutama pada saat2 penutupan jam perdagangan di Bursa kita, pasti semua tau bahwa Pra Penutupan itu IHSG naik 0,7%. Tapi tiba2 pada saat Pasca Penutupan IHSG langsung turun menjadi 0,24%. Kenapa bisa begitu?? semalam banyak yg membahas masalah tersebut.
Inilah satu kondisi yg membuktikan bahwa IHSG itu belum murni mencerminkan kondisi pasar yg sebenarnya, karena masih bisa "DIPERMAINKAN" oleh pihak2 tertentu sesuai dengan kepentingannya. Mereka bisa membuat IHSG turun atau naik, suka2 dialah....
Saya coba perhatikan kejadian kemarin, ternyata ada beberapa saham BC antara lain TLKM, UNVR, ASII, yg semula naik ditekan harganya sampai minus beberapa point (yg tentu telah melalui perhitungan matang) sehingga menjadikan IHSG berakhir minus.

Untuk kepentingan apa?? karena di bursa ini memang masing2 mempunyai kepentingan. Salah satu analisis saya kejadian kemarin itu diawali dengan Asing yg masih net sell 1,2 T, tentu kalau saya jadi Manajer Investasinya saya akan merasa malu setelah melakukan penjualan besar2an tapi ternyata IHSG tutupnya naik (hijau). Karena si MI pasti diawasi oleh pimpinan masing2 atau juga sipemilik dana.
Makanya daripada malu dan mendapat penilaian yg kurang bagus lebih baik IHSG "dibuat" turun supaya penjualan yg dilakukan sebelumnya dinilai berhasil.
Mungkin saja mereka semula tidak menyangka kalau IHSG bisa berbalik arah dari sesi satu yg merah membawa menjadi hijau secara bertahap sampai menjelang Pra Penutupan. Mereka sudah terlanjur obral besar2an kan..

Ingat IHSG bisa dipermainkan melalui beberapa saham BC yg berkapitalisasi besar, dan itu bisa dilakukan pada saat Pra Penutupan dimana Traders tidak bisa melihat kejadian di Monitor. Ternyata sepandai2 BEI masih bisa diterobos juga ya oleh Boss BD he..hee.
Saya kemarin sudah mengatakan dalam TEH PAGI bahwa saya akan belanja kemarin apapun kejadiannya baik IHSG tutun atau naik, karena saya Optimis hari ini atau besuk IHSG akan naik. Analisis saya berdasarkan bahwa harga2 saham sudah tertekan cukup dalam dan akan ada pantulan keatas, selain itu secara makro nampaknya sudah ada beberapa solusi dan penjelasan mengenai stimulus di AS.
Masalah yg mengganjal justru dari China mengenai kebijakan likuiditasnya sehingga kemarin bursa Sanghai sempat minus 4% tetapi begitu siang Reboun tinggal minus 0,19% maka saya buru2 menambah bobot portofolio lagi sehingga komposisi saat ini 35% cash dan 65% portofolio.
Pagi ini rasanya masih bisa melakukan pembelian untuk saham2 tertentu seperti CTRA, CTRP, BBNI, INKP, MLPL, JAPFA, PTPP, KIJA, cari yg pantulannya kenceeng saja selama ini.
Kejadian2 terakhir seperti bagaimana memainkan IHSG di Pra Penutupan, Kondisi Bursa semester dua dan Aksi Korporasi akan menjadi bahan kajian saya bersama Bp. Andri Zakarias dan Bp. Hasan Zein dalam Pelatihan tgl.29 dan 30 Juni 2013 besuk di Hotel Pandanaran Semarang.
Saya senang jika teman2 bisa bergabung dalam kesempatan tersebut, karena saya pastikan banyak manfaatnya buat pengetahuan.
Saya tunggu konfirmasinya
salam, investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.