7 Jun 2013

Selamat pagi,
Melanjukan ulasan kemarin dimana Bursa Global Membara, dan "untungnya" Bursa kita lagi liburan, peristiwa ini rasanya sering terjadi disaat pasar global rontok eh...bursa kita pas libur, jadi slamet...slamet... wikk.wkkkk.
Tapi benarkan kita "slamet" untuk hari ini..?? Mari kita cermati beberapa kondisi eksternal; kemarin malam Dow dan eropa rata2 turun lebih 1,5%, dan siang kemarin Regional juga minus lebih 1% dan indek NIKKEI sudah dibawah 13000 lagi. Tadi malam Eropa masih melanjutkan penurunan rata2 -1% tapi Dow, Nasdaq dan S & P mengalami rebound (Dow kembali di 15040) sehari sebelumnya dibawah 15000, tapi Harga OIL, CPO, GOLD mengalami kenaikan.
Dari kondisi itu bila Bursa kita bisa "melupakan" kondisi ekternal kemarin dan "hanya" melihat Dow dan kenaikan beberapa harga komoditas semalam maka  kemungkinan Bursa relatip aman dan itu baru namanya "Slamet" tadi.., tapi kalau masih itung2an dengan eksternal kemarin ya ada kemungkinan terdiscount lagi walaupun mungkin tidak banyak ya merah2 tipis gitulah....
Ada yang perlu diperhatikan yaitu harga OIL dan GOLD naik semalam, tidak ada salahnya kita mulai perhatikan beberapa saham energi dan komoditas seperti INDY, ADRO, HRUM, KKGI, PTRO, PTBA, ANTM. Selain harganya sudah murah meriah, kenaikan harga komoditas tadi bisa mengangkat harga saham2 tersebut.
Cuma tetap saya ingatkan untuk sementara ini strategi main pendek / cepat lebih aman dan bisa ambil cuan lumayanlah kalau disiplin, karena pasar yg masih labil seperti ini.
Jangan terlalu dipikirkan apakah IHSG mau 5500 atau 6000 tahun ini, pikirkan apa yang bisa kita lakukan hari ini, dan bagaimana kita dapat cuan setiap hari. Ingat di level ketinggian Indeks bisa rontok dalam beberapa saat tapi kalau naik akan bertahap, sangat beda kalau indeks dilevel rendah seperti dulu naiknya bisa kenceeng.
Perhatikan apakah asing masih agresif jualan hari ini dan bagaimana saham perbankan setidaknya untuk melihar arah bursa.
Semoga sukses.
salam,
investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.