6 Jun 2013

Selamat pagi...
Hari ini Kamis tgl.6 Juni Bursa kita libur, entah kebetulan atau tidak semalam DOW dan Bursa Eropa membara lagi atau merah pekat, Dow sampai turun dibawah 15000 lagi (-1,4%), dan Eropa rata2 juga -1,5%), jadi ada baiknya Bursa kita libur setidaknya tidak langsung bereaksi negatip terpengaruh bursa2 global.
Berharap nanti malam Dow dan Eropa reboun sehingga besuk IHSG ikut reboun nya saja dan melupakan minusnya ha..haa...
Seperti saya ulas kemarin bahwa Pasar memang masih Volatile, naik turun dengan cepat dan pasti susah diduga, karena kondisi makro juga memang sedang seperti itu.
Bersyukur meski IHSG seharian merah, saham yg saya rekomen hanya CTRP yg turun sedangkan INDY, ACES, MIRA naik, ADRO tetap. Bahkan INDY naik 6,59% di 970.
Memang tidak mudah, tapi dengan kecermatan dan belajar siapapun bisa melakukan analisis apalagi nasib awak lagi bagus....ya ada saja rejekinya.
Saya tetap menggunakan strategi "main cepat" dan posisi Cash lebih banyak dari portofolio, serta hanya masuk kalau ada saham yg uptrend dan sedang bergerak, termasuk kalau ada saham yg turun lebih  5% tapi saham bagus secara FA. Sekalipun kemarin CTRP tapi saya masih dapay copetan karena masuk 1320 dan ketika mantul 1360 langsung out dan jemuran langsung jadi cash lagi.
Seperti juga saya ulas dalam TEH PAGI serta waktu Pelatihan Trader di Jakarta beberapa waktu lalu mengenai APEX, nah terbukti kan ketika APEX  relisting kemarin langsung AR kanan tidak tanggung2 + 49%.
Ini dibutuhkan pengalaman dan pengamatan terhadap suatu peristiwa, maka pengalaman itu amat penting. Apakah APEX masih lanjut? seprtinya masih ada peluang itu karena PER nya relatif masih lebih murah.
Bagaimana IHSG besuk?? tentu ada kaitannya dengan kondisi eksternal siang ini dan malam nanti bagaimana Asia, Eropa dan si DOW nya. Kalau mereka turun lagi ya kans IHSG untuk naik amat berat atau saya prediksi 70% IHSG akan turun, tapi kalau Bursa Regional siang ini dan Bursa Eropa dan Dow nanti malam naik, maka IHSG kansnya sama antara naik dan turun.
Jadi marilah kita cermati kondisi ektsternal dulu termasuk harga beberapa komoditasnya.
Moga2 TEH PAGI besuk sudah lebih ada gambaran tentang kondisi bursa kita untuk hari Jum'at besuk.
Selamat berlibur, dan jangan dibuat stres buat yg posisi portofolionya masih lebih banyak karena kita butuh stamina dan mental yang kuat untuk menghadapi hari2 trading.
salam,
investa

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.