8 Jun 2013

Selamat pagi,
Selamat menikmati weekend, tidak usah galau..tidak usah stres silahkan berlibur refreshing bersama keluarga atau teman2. Berita bagus semalam Bursa AS dan Eropa berakhir naik cukup signifikan bahkan DAX nyaris hampir +2%. OIL juga naik dilevel $ 96 jadi sangat terbuka harapan IHSG akan rebound besuk Senin.
Kalau kemarin IHSG turun 2,72% (4865) itu memang telah memperhitungkan penurunan mengikuti bursa regional lainnya sewaktu kita libur, ternyata BD gak mau kasih "kuntungan" dengan liburnya Bursa kita. Apalagi secara TA dengan IHSG jebol dibawah 4900 itu memang berat, jauh dari angka psikologis yang selama ini dipertahankan sebagai "harga diri" Bursa atau hanya jurus Asing untuk jualan supaya IHSG nampak masih kuat.
Dari beberapa email, BBM, Blog2 yang saya baca banyak Trader yg merasa mual, sakit gigi, pusing2 dan patah hati kemarin. Sebagai pelaku dan pengamat pasar saya sangat maklum kondisi Trader, saya juga pernah merasakan seperti itu "babak belur" orang Jawa mengatakan.
Dari pengalaman panjang dengan suka dan duka itulah saya mencoba memperbaiki psikologis karena kita ini kan berivestasi, mencari rejeki tapi kalau psikologis kita slalu tertekan dampaknya tidak bagus, karena psikologis yang tertekan bisa mengakibatkan kesehatan kita terganggu jadi apa yang kita cari kalau jiwa dan badan kita jadi tidak sehat??
Maka berkali-kali saya ingatkan mental kita harus tetap sehat dan kuat kalau masih tetap ingin cari rejeki di pasar modal, kalau tidak bisa lebih baik tinggalkan pasar dan cari rejeki dibidang yang lain...
Kalau saya boleh menebak maka kans IHSG 75% Senin akan naik lagi, ini didasari faktor eksternal semalam, pasti ada News yg positif sehingga Bursa Global naik lumayan. Apalagi Minyak yg naik dilevel 96 itu bagus untuk saham sektor minyak dan energi. Saya kemarin2 memang merekomendasi beberapa saham seperti INDY, PTRO, HRUM, ADRO, tapi karena kondisi bursa seperti itu ya tak kuat juga saham2 tersebut bertahan dan ikutan rontok. Kesalahan bisa saja terjadi atas setiap rekomendasi termasuk rekomen saya, tapi kita lihat hanya beberapa saham saja kemarin yang bisa naik kan.?.
Tapi karena saya punya rasa optimis atas saham pilihan saya maka kemarin saya tetap saja masuk dengan harga dibawah target saya malah, jadi lebih murah dapatnya dari yang saya inginkan semula.
Sekalipun tutupnya  belum naik saya tidak kecewa dan berharap ada kesempatan naik lagi pekan depan, tentu lebih cepat lebih baik ha..haa...
Berita kurang bagus kembali menimpa saham BUMI karena Moody's menurunkan peringkat hutang BUMI dari B3 menjadi B2 itu artinya kepercayaan terhadap kemampuan BUMI membayar hutang yang akan jatuh tempo berkurang nah tu....
Itu juga ada kaitannya dengan dihentikannya penambangan di dua anak perusahaan BUMI oleh kontarktornya lantaran yang katanya belum dibayar.
Makanya sudah sekian lama saya pribadi jarang sekali sentuh saham ini karena masih sarat dengan masalah, toh masih banyak saham yang lebih bagus buat pilihan.
Satu lagi berita bagus kemarin yang saya baca yaitu saham KARK saham paling pinggir dengan harga nego Rp.5,- per lembar mau dibeli group GEMA yang lagi naik daun harganya kemarin. Kalau itu benar ada harapan lagi buat yang sudah patah hati dengan saham KARK tersebut.
Buat yang kepingin dan belum punya? silahkan icip2 toh harganya murah seperti Waran, menurut saya ini malah lebih bagus karena berupa saham, beda dengan Waran yang merupakan hak dan ada masa jatuh temponya.

Sekali lagi selamat berlibur ya...optimis saja Saham anda akan naik kembali, apalagi yang beli kemarin bisa Jos Gandooos..moga2 ya..
salam
Hari Prabowo (investa)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.