15 Nov 2017

Para pembaca dan para anggota  Grup Investa yang budiman,

IHSG dalam 5 hari berturut2 terkoreksi dan bahkan terakhir di posisi 5988 Selasa kemarin menembus angka psikologis 6000. Nampaknya IHSG akan cukup berat hari ini untuk kembali naik hal ini dikarenakan semalam harga pertambangan hampir rata2 mengalami penurunan seperti Minyak turun lebih 3% Nikel turun lebih 5% demikian pula harga Timah dan batubara.

Hal tersebut sangat mempengaruhi harga saham sektor pertambangan seperti INCO, ELSA, PTRO, PTBA, TIMAH, ANTM. untuk itu harap hati2 dulu terhadap saham2 tersebut yang mungkin juga akan mengalami tekanan hari ini.

Namun demikian sebagai trader kita harus tetap tenang dan tidak perlu galau menghadapi segala kondisi karena karakter bursa wajar menghadapi segala perubahan akibat harga komoditas, makro ekonomi, sektoral dan bahkan politik dan keamanan.

Selain saham pertambangan di bursa toh masih ada saham2 lain yang mungkin tidak terpengaruh dengan penurunan harga pertambangan. Saham2 sektor keuangan, konstruksi dan properti saya kira masih bisa dijadikan alternatif untuk trading pendek. Bahkan biasanya dalam kondisi pasar tertekan ada saham2 gantian action seperti BUMI, SRIL, dan juga saham2 lapis tiga yang sering  digerakkan oleh bandar untuk menarik perhatian.

Sekalipun kita jangan melawan pasar namun ita juga harus berusaha memanfaatkan setiap peluang dengan berpegang bahwa harga saham naik maupun turun itu ada batas2 tertentu sehingga jika ada saham yang turun terlalu drastis karena panic selling maka kita bisa saja menampung nya dengan berharap akan ada pantulan naik dikemudian hari.

Saham2 yang mungkin layak dibuat arena trading sementara ini adalah SRIL, MCOR, TINS, KBLI, JPFA, dengan strategi BOW / Buy On Weakness (Beli pada saat harga turun karena berpotensi naik kembali). Sekali lagi saham tambang memang rentan terhadap harga komoditasnya maka perhatikan harga masing2 setiap saat.

Kepada para peserta Pelatihan INVESTOR tgl.17 sd 19 Nopember 2017 di Jakarta kami ucapkan terima kasih dan sampai jumpa dalam acara tersebut dimana kami para mentor akan berusaha berbagi pengetahuan dan pengalaman kami dalam hal Fundamentalm Teknikal dan Bandarmologi.
Kami juga akan menjelaskan tentang Repo, Crossing Pasar Nego dan lain2 dalam acara LIVE TRADING tgl.17 Nopember 2017.

Kami juga membuka Grup WA baru yaitu INVESTA PREMIUM dan INVESTA SENIOR bagi yang ber IURAN dan bagi berminat gabung silahkan kontak kami di WA 087700085334  (syarat dan ketentuan yang berlaku).

Selamat beraktifitas semoga mendapatkan hasil terbaik, amiin.

Salam,
Hari Prabowo 
pengelola LP3M INVESTA

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.