26 Jul 2017

Pembaca yang budiman,

Setelah melalui masa koreksi yang cukup panjang apakah saham sektor pertambangan sudah mulai layak untuk investasi jangka menengah atau bagus untuk trading pendek saja?? Saya perhatikan beberapa harga komoditas seperti Nikel, Minyak, timah, dan batubara ada sinyal2 untuk bergerak naik.
Pergerakkan harga komoditas dunia ini mestinya akan berpengaruh juga terhadap harga saham emiten yang mempunyai usaha pokok sesuai komoditasnya.

Di Bursa siklus pergerakan setiap sektor saham adalah sesuatu yang wajar, dan kita sebagai invesor / trader bisa menyesuaikan sektor mana yang layak untuk target trading / investasi. Bursa memang sangat sensitif sehingga bagi pelaku pasar memang dituntut untuk jadi insan yang senang membaca dan menganalisa. Setiap informasi yang penting dengan cepat direspon oleh bursa, mulai harga komoditas, bursa global, bahkan kondisi politik dan keamanan.

Sektor pertambangan setidaknya dalam 3 tahun terakhir memang harganya banyak mengalami tekanan mulai minyak, perak, batubara, gas alam, timah, CPO dll. Sehingga kalau kita perbandingkan dengan harga saham2 nya di Bursa itu saling mempengaruhi misalnya saham ELSA, TINS, INCO, PTBA, AALI MEDC. ANTM harga 3 tahun yang lalu jauh lebih tinggi dibanding saat ini sejalan penurunan harga komoditasnya.

Dua pekan terakhir saya melihat ada geliat harga2 komoditas tersebut ada kecenderungan naik, apakah ini sifatnya hanya sejenak atau menjadi awal kenaikan kembali. Maklum harga komoditas dunia ini juga sangat banyak dipengaruhi berbagai faktor sehingga sulit untuk memprediksinya setidaknya untuk jangka menengah.

Memang di bursa ini ada unsur spekulasi yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam transaksi perdagangan sahamnya, sehingga kita yang harus bisa membuat manajemen portofolio masing2 menjadi lebih baik.

Saya pribadi mulai tertarik mecermati dan bahkan sudah mulai koleksi saham2 pertambangan seperti INCO, MEDC, ELSA, INDY yang sering saya sebut 4 sekawan sejak 2 pekan lalu. Semalam harga Nikel sudah mencapai kisaran $10.000  Minyak $48,3 dan DJ.Coal $41,7 sehingga kemungkinan untuk saham2 tersebut pnya potensi kembali menguat.

Target saya INCO menuju kisaran 2400 sd 2500, MEDC  2650 sd 2800 ELSA 280 sd 300 dan INDY 900 sd 1000 dua pekan kedepan. Disclaimer.on tentunya namun semua saya dasarkan analisa FA, Prospek, Bandarmologi dan TA seuai pemahaman saya.

Buat pembaca yang ingin bergabung di grup Komonitas Investa silahkan invite ke no WA.087700085334 dengan syarat dan ketentuan yang ada. Kami telah menyediakan grup Komunitas Investa III untuk yang baru.

Jadilah investor / trader yang cerdas, jeli, sabar dan disiplin.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.