2 Nov 2016

Para Investor Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

Kita memang bukan Politikus atau sok ikutan berpolitik, namun sebagai salah satu pelaku pasar sebagai investor ini memang layak mencermati segala kejadian atau informasi2 yang terbaru termasuk keamanan , sosial dan politik tersebut.
Kita butuh kenyamanan dalam berinvestasi, sehingga betapa pentingnya situasi itu aman dan tenang, karena tanpa keamanan yang terjamin investor tidak akan berani menginvestasikan modal mereka. Bahkan faktor keamanan dan ketenangan suatu negara ini merupakan pertimbangan utama sebelum investor membuat analisa yang lain itu.

Akhir2 ini kita membaca bahwa akan ada demo besar2an hari Jum'at tgl.4 Nopember 2016 nanti. Sebagai negara yang menganut demokrasi maka kegiatan demo juga sah2 saja dan dilindungi undang2 agar setiap orang bisa menyatakan pendapat. Hanya saja seyogyanya semua bisa dilakukan dengan tetap menjaga kesantunan dan mengutamakan keamanan demi kesatuan negara ini.

Dari kacamata investor kita sudah biasa menghadapi demo sejak era reformasi dan bersukur semua berjalan tertib dan aman. Semoga kali inipun akan berjalan dengan aman dan tertib seperti yang lalu2. Mungkin yang sedikit berbeda  kali ini demo dengan tuntutan yang bersinggungan dengan Agama dan menyangkut seorang calon Gubernur di DKI yang menjadi fokus banyak pihak.
Maka memang penanganan harus lebih serius sekaligus hati2 agar tidak semakin melebar dan aparat keamanan bisa bertindak dengan profesional dan menjaga agar tidak sampai terjadi gesekan dan bahkan jangan sampai terjadi kerusuhan.

Investor akan memantau jalannya demo bukan sebagai pengamat poiltik tapi mereka semua berkepentingan dengan modal mereka yang  diinvestasikan/ Jika kondisi aman dan terkendali saya kira para investor akan tetap nyaman melakukan investasinya. Namun jika  sampai terjadi kerusuhan dan gesekan yang lebih panas maka kemungkinan saja investor akan keluar dari pasar, dan ini akan menjadi semakin runyam.

Kemungkinan besuk Kamis pasar para trader / investor akan mengurangi kegiatan hariannya..bahkan tidak menutup kemungkinan IHSG cenderung melemah dengan beberapa investor yang melepas saham2 Blue Chips untuk mengamankan portofolionya, walaupun sekedar berjaga2.
Apalagi demonya pada hari Jum'at bisanya memang lebih sensitif karena bergan dengan dengan Sabtu dan Minggu yang dalam dua hari tersebut kita tidak tau apa yang terjadi. Ketidak pastian inilah yang sebenarnya akan membuat investor lebih memilih keluar dari pasar.

Saham2 yang rawan koreksi adalah saham2 yang Blue Chips yang banyak dipunyai para investor klas kakap dan para Manajer investasi. Sedangkan saham2 lapis dua dan tiga akan lebih mampu bertahan. 
Dengan kenaikan DJ Coal semalam yang mencapai 8% ini merupakan berita bagus buat sektor pertambangan terurama Batu bara, sehingga tidak ada salahnya cermati ADRO, PTBA, ITMG, ANTM, TINS, BUMI yang mendapat dampat positif.

Kalau saja demo tgl.4 Nopember nanti bisa berjalan dengan tertib dan aman maka sangat mungkin pekan depan IHSG akan kembali menguat dikisaran 5450.
Bahkan saya optimis sampai dengan akhir Nopember bisa mencapai 5500.
Saya juga masih tertarik untuk koleksi KBLI, JPFA, WTON dengan pertimbangan Fundamental Analisis. syaratnya jangan cepat galau jika tertekan dan buatlah target sampai akhir tahun ini.
Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.