21 Jul 2016


Para Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,
Hebat, IHSG melanjutkan penguatannya kemarin naik 1,3% di posisi 5242 ini merupakan Indek tertinggi selama tahun berjalan ini. Sekalipun daya beli masyarakat secara umum masih belum sesuai yang diharapkan tetapi trading di Bursa ini selalu berjalan mendahului, sehingga apa yang mungkin terjadi kedepan sudah diantisipasi dengan "harga" saat ini. Jadi jangan heran kalau suatu harga saham itu bisa melebihi  harga bukunya (Book Value) beberapa kali.

IHSG memang pernah mencapai tertingginga di posisi 5523 pada tgl.7 April 2015 namun akhirnya jatuh seiring dengan melemahnya kondisi perekonomian global, dan th.2015 pun IHSG tersungkur turun 13% dibanding akhir th.2014.
Sampai kemarin IHSG sudah tumbuh 14,15% selama tahun berjalan 2016 ini setelah melihat besaran makro ekonomi kita yang cukup stabil menunjukkan perkembangan kearah yang lebih baik.

Tax Amnesty yang saat ini menjadi "vitamin" mendapat respon positif oleh pelaku pasar, inilah juga yang menjadi pemicu IHSG menguat salah satunya.
Para emiten terutama BUMN rame2 melakukan AKSI KORPORASI untuk menambah jumlah sahamnya melalui skema Right Issue untuk "menampunga" dana2 baru milik "Pengenyam" Tax Amnesty yang semula parkir di Luar Negeri..

Mengenai kebijakan dan strategi Penambahan Saham para emiten ini tentu ada Plus Minusnya saya kira. Plus nya jika program Tax Amnesty ini "berhasil" sesuai harapan maka dana2 segar tersebut bisa tertampung di instrumen pasar modal juga termasuk saham2 di bursa dan ini bisa menambah kapitalisasi pasar serta mengangkat IHSG lebih tinggi serta transaksi lebih likuid.
Namun apa minusnya ?? kalau Tax Amnesty ternyata tidak sesuai harapan karena mungkin dana yang masuk tidak sebanyak yang diharapkan maka tentu akan terjadi kelebihan pasokkan saham hasil Right Issue yang tidak terserap dan bisa menekan harga saham emiten yang bersangkutan.

Tapi niat baik Pemerintah tentu kita hargai dan kita berharap kebijakan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. Sebagai salah satu pelaku pasar trader / investor saham memang dituntut lebih jeli..lebih cerdas dan lebih tanggap terhadap informasi maupun kebijakan yang ada. Maklum ini bisnis  yang membutuhkan analisa dan keakuratan dalam mengambil keputusan buyand sell he..hee.

Mengenai berbagai Aksi Korporasi emiten ini sangat penting sekali bagi para investor karena bisa berpengaruh dan mengakibatkan perubahan harga saham secara signifikan di bursa. Termasuk Right Issue, Waran, Option, Merger, Akuisisi dan lain2. Bila ingin memperdalam tentang Aksi Korporasi ini silahkan gabung dengan kami tgl.30 dan 31 Juli 2016 ini dalami Pelatihan Investor di Semarang atau di Jakarta yang rencananya bl.Agustus mendatang.

Terakhir2 ini kita bisa cermati Aksi Korporasi Right Issue saham2 MCOR, EXCL, BNLI, AALI dan bahkan rencananya BEKS telah membuat harga saham terjadi volatilitas yang tinggi baik yang naik maupun yang turun. Jika sebagai trader kita memahaminya berarti kita kehilangan "kesempatan" atau bahkan bisa mengalami potensi kerugian.

Saya juga sedang secara serius mencermati rencana Right Issue saham BEKS yang terasa diluar kebiasaan karena akan menerapkan harga Rp.18,- per saham. Ini harga dibawah batas ketentuan Auto Reject Rp.50,- nah ini yang terasa diluar kebiasaan...karena berpotensi menjatuhkan harga saham BEKS di pasar.
Ibarat kita yang semua membeli HP dengan merk dan tipe tertentu dengan harga pasar tiba2 akan dikeluarkan HP baru dengan merk dan tipe yang sama tapi harganya Jauh LEBIH MURAH. Apa yang terjadi...?? tentu harga HP kita akan jatuh harganya di kalau dijual.

Saya sedang berusaha mempelajari peraturan2 yang ada tentang Rght Issue / HMETD ini supaya bisa mengambil kesimpulan apakah yang dilakukan BEKS ini memang sesuai peraturan atau tidak. Karena ada beberapa emiten yang Aksi Korporasinya ternyata merugikan investor publik tapi toch tetap saja berjalan.
Ini yang perlu kita cermati bersama supaya kita tidak dirugikan sebagai investor.

Menu sahamnya saya kirim via WA saja ya...he..hee..

Semoga kita selalu mendapatkan yang terbaik, Amin. 

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.