29 Jul 2016

Para Komunitas investa, para Nasabah BNI Securities Semarang dan para pembaca yang budiman,

IHSG nyaris menyentuh 5300 yang merupakan angka tertinggi selama setahun terakhir dengan dukungan masukkan dana asing. Benarkah bursa kita menuju bullish ? mungkinkah kah tahun 2016 ini IHSG bisa pecah Record tertingginya menembus 5523 ? (7 April 2015). Di Bursa "serba mungkin" terjadi tetapi sebaliknya juga tidak bisa mengatakan "Pasti"  itulah diperlukan pernyataan disclaimer.

Banyak hal yang kita alami selama menjadi trader / investor sebagai salah satu pelaku pasar, yang semuanya bisa menjadikan pengalaman dan evaluasi kita kedepan. Pasar itu menampung sekaligus merespon semua informasi sehingga pada akhirnya membentuk suatu HARGA . Untuk itulah kita tidak bisa melawan pasar tetapi kitalah yang seharusnya menyesuaikan pasar.

Harga itu terjadi bukan hanya diakibatkan salah satu faktor saja, tetapi banyak kemungkinan lain yang bisa juga mempengaruhi terbentuknya Harga. Sehingga kita tidak bisa secara fanatik mengekspektasikan harga hanya dari satu analisa yang bersumber dari Laporan Keuangan saja atau Teknikal saja.
Beberapa pembaca sering bertanya kepada saya  misalnya "Kenapa Laporan Keuangan suatu Emiten bagus tetapi hatga sahamnya turun dan sebaliknya"  karena memang harga terbentuk bukan hanya dari faktor Fundamental saja tetapi kondisi ekonomi makro, harga komoditas, kebijakan Pemerintah, aksi korporasi  dan lain2 yang bisa mempengaruhi terbentuknya harga saham.

Kebetulan hari ini 29 Juli mentupakan hari terakhir perdagangan bulan JULI dan saya sering mencatat pada akhir2 bulan harga beberapa saham terutama yang menjadi Portofolio Manager Investasi mengalami kenaikan, Karena akhir bulan biasanya menjadi bulan Pelaporan posisi portofolio Manajer Investasi, dan wajar jika ada sedikit "polesan" agar Raport nya lebih baik he..hee.

Situasi Pasarpun juga normal dan bahkan cenderung lebih baik dengan euforia Tax Amnesti dan penyegaran Kabinet sehingga saya masih punya pandangan bahwa IHSG akan cenderung menguat hari ini untuk menembus 5300.
Beberapa saham yang sempat saya share melalui WA kemarin menurut saya cukup layak dicermati antara lain yaitu SMCB, DMAS, BJTM, WTON  tanpa bermaksud mempengaruhi keputusan untuk membeli atau menjual karena semua keputusan ada di masing2.

Semoga Lapran Keuangan Smester pertama 2016 bisa segera kita dapatkan untuk dianalisa, sekalipun Laporan Keuangan BUKAN satu2 nya yang bisa membentuk harga tetapi secara Fundamental sangat penting kita perhatikan sebagai investor. Dengan segala keterbatasan analisa Fundamental sangat penting kita pelajari.

SMBC saya punya target 1300, DMAS terget 300, BJTM ternyata meloncat lebih dulu diatas 600 sedangakn WTON target 1200. Sedangakan 10 saham pilihan saham saya yang lalu dengan target akhir Juli 2016 silahkan dilihat sendiri mana saham2 yang sesuai target dan mana yang tidak sesuai. Saya biasanya mempunyai durasi 2 bulan untuk investasi dan meprediksi suatu harga saham.

Semoga pada kesempatan PELATIHAN INVESTOR tgl.30 dan 31 Juli 2016 di Semarang besuk saya dan Tim INVESTA bisa berdiskusi lebih banyak dan detail dengan teman2 peserta pelatihan sehingga bisa saling memberi manfaat bagi kita. Amin.

Salam,

Hari Prabowo ( INVESTA )
WA.087700085334
Pin 2b7dd5ee

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.