10 Mar 2016

Para Komunitas Investa, Nasabah2 BNI Securities semarang dan Pembaca yang budiman,
Sebagaimana yang sy "harapkan" koreksi atas IHSG itupun kemarin terjadi pula, kenapa saya berharap adanya koreksi? karena koreksi itu akan menjadi salah satu perjalanan yang sehat lebih lanjut buat IHSG. Kita sudah sering melihat bahwa tidak pernah ada suatu perjalanan Index di bursa manapun atau suatu harga saham apapun yang tidak pernah mengalami penurunan / koreksi, karena ini memang kebiasaan yang sudah sering terjadi.

Setelah 8 harti berturut2 IHSG naik terus maka dalam 2 hari terakhir kemarin mengalami koreksi diposisi hari Selasa 8 Maret menjadi 4811. Apakah penutrunan IHSG ini akan berlanjut kembali hari ini? tentu bisa ya atau tidak. Tetapi saya pribadi tidak terlalu khawatir dengan koreksi ini karena ini merupakan koreksi yang sehat. Saya masih punya prediksi IHSG bisa menguat kembali walaupun dalam kekuatan terbatas.

Dari dalam negeri sendiri belum ada sentimen negarif, bahkan cadangan devisa kita juga bertambahsekitar $ 2 M menjadi $ 104 M dimana sebagai pelengkap data positif lainnya seperti penurunan BI Rate, terjadinya deflasi, rupiah yang menguat dan kembali masuknya invetasi asing di pasar saham. Sehingga dengan data tersebut rasanya justru menjadikan saya optimis bahwa IHSG akan kembali reboun setelah fase koreksi.

Melihat harga minyak kembali naik ke level $38, maka diantara saham pilihan saya dalam ulasan kemarin seperti ELSA, INDY, MEDC, PTRO dan PGAS punya potensi melanjutkan laju kenaikannya. Sekalipun dalam beberapa hari terakhir sudah naik cukup tinggi tetapi menurut saya harga saham2 tersebit masih sangat rendah jika dibandingkan dengan setahun yang lalu. Mereka dulu jatuh katena minyak sehingga mereka akan bangun dan locat lagi juga karena minyak.

Jika sudah berniat untuk trading saham2 sektor pertambangan khususnya minyak maka gunakan satu mata kita di monitor harga saham dan satu mata lagi melirik harga minyak di pasar dunia karena keduanya mempunyai "hubungan"  yang sangat erat artinya pergerakkan harganya searah.

Bagaimana pengaruh gerhana matahari terhadap pasar saham?? dengan segala hormat saya pribadi belum bisa menghubungkan korelasi keduanya hehee sehingga saya lebih percaya dengan logika yang lebih bisa terima seperti makro ekonomi, sektoral, fundamental dan teknikal.

Terima kasih kepada teman2 kepada komunitas Investa yang tgl.8 dan 9 Maret kemarin ngopi bareng dengan saya di Jakarta semoga dikesempatan lain kita bisa sharing lagi yang kami rencanakan bulan April untuk bikin acara pelatihan di Jakarta dan Surabaya. 

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.