7 Mar 2016

Para Komunitas Investa, Nasabah2 BNI Securities semarang dan Pembaca yang budiman,

Kejadian  yang luar biasa  bahwa IHSG dalam 8 hari bursa berturut2 mengalami kenaikkan sejak tgl.23 Pebruari 4654 sd 4 Maret kemarin menjadi 4850 atau naik 4,2%. Biasanya salah satu pendekatan saya dengan jurus 4 artinya kalau 4 hari berturut2 naik terus atau sebaliknya turun turus biasanya hari ke 5 akan menjadi berbalik. Namun kali ini saya pun salah prediksi walau tidak sampai merugikan karena saya sudah tidak terlalu bergantung IHSG tetapi lebih konsen kepemilihan saham dan "time to buy and time to sell" .

Saya kira wajar kalau IHSG terus menannjak mengingat data yang ada semuanya positif mulai dari Rupiah yang menguat, terjadi Deflasi, posisi investor asing yang Net Buy, dan Suku bunga yang cenderung turun setelah dimulai dari penurunan BI Rate. Sehingga penguatan IHSG ini memang punya dasar fundamental yang baik.

Pada tulisan saya terakhir tgl.29 Pebruari dengan judul PASAR CENDERUNG MENGUAT saya memprediksikan dalam pekan kemarin dikisaran 4700 sd 4810 dan kenyataannya IHSG ditutup 4850 jadi melebihi prediksi saya. Makanya ini sangat luar biasa dan menurut saya punya potensi kembali menguat.
Namun perlu juga diingat bahwa IHSG tidak seperti garis lurus suatu saat pasti akan diikuti koreksi, nah tinggal kapan koreksi itu akan terjadi??

Kalau melihat data2  yang ada seperti tersebut diatas masih ada  kecenderungan IHSG menguat sehingga bila suatu saat terjadi Koreksi itu menjadi koreksi yang wajar dan sehat yang akan menjadikan pijakkan IHSG unuk naik lebih tinggi.
Tentu jika tidak ada berita2 yang negatif dari dalam maupun nluar negeri yang sangat signifikan yang bisa mempengaruhi laju IHSG.

Buat para trader yang meyakini bahwa akan terjadinya koreksi sehat bisa mulai memperhatikan dan menunggu dengan sabar untuk mulai belanja ketika koreksi itu terjadi. Saya kira bila terjadi koreksi itu adalah koreksi sesaat yang punya potensi kembali menguat, jadi merupakan "kesempatan" untuk belanja.
Bagaimana kalau kita punya posisi portofolio yang banyak? kalau kita berpikir sebagai trader maka kita bisa Take Profit dulu jika kita merasa keuntungan sudah diatas target. Tetapi jika kita perpikir sebagai investor maka silahkan Hold dan jangan panik ketika koreksi terjadi.

Mana yang terbaik berpikir sebagai trader atau invetor ?? itu tergantung pada pilihan dan kebiasaan kita,  karena tentu masing strategi trader dan investor punya kelemahan dan keuunggulan masing2..
Satu alternatif dalam memanfaatkan pasar yang cenderung menguat adalah kita bisa "menukarkan" saham2 dalam porto kita yang kurang berprestasi selama ini ke saham2 yang punya kinerja dan prospek yang lebih baik. Apa lagi saat ini mulai banyak Laporan Keuangan akhir th.2015 yang sudah mulai di publikasi. Kita bisa mencari perusahaan2 terbaik dengan membandingkan dengan harga sahamnya saat ini.

Munngkin diantara kita masih menyimpan saham2 yang tidur dan tidak menghasilkan, ini kesempatan untuk menukar saham lain yang mau diajak cari rejeki. Jangan ingat harga belinya karena membuat kita tidak sampai hati tetapi anggap kita sedang tukar kepemilikkan perusahaan yang lebih bagus dan punya prospek,

Akhir pekan kemarin saya melirik data2 eksternal cukup bagus mulai harga minyak dunia yang sudah mencapai $35,92 DOW yang kembali menembus 17000 didukung data tenaga kerja yang cukup bagus serta bursa global yang juga menguat, maka ada kemungkinan IHSG masih akan terdorong naik. meski agak rawan koreksi secara teknikal. 
Prediksi saya dalam pekan ini IHSG akan dikisaran 4800 sd 4900  Adapun saham2 yang mungkin saya buat trading pekan ini adalah ELSA, KAEF, KIJA, SMGR, INDY, DSFI, PGAS, INCO, CTRA, dan CPIN.

Sekalipun masa panen tiba tapi harus ingat bahwa kita tidak boleh terlalu tamak karena semua ada batasnya jangan sampai mengejar layang2 putus dan profit hanya diatas kertas.

Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.