17 Mar 2016

Para Komunitas Investa, Nasabah2 BNI Securities semarang dan Pembaca yang budiman,

Perjalanan IHSG kemarin dalam kisaran ring yang sempit walau akhirnya ditutup naik 0,24% diposisi 4861. Sekalipun demikian bursa kemarin di warnai kenaikan saham2 Lapis 3 (tiga)  yang spektakuler  seperti SMMT, CNKO,  EMDE, DAJK, DOID, INPC, DGIK, FREN yang naik 5% sd 34% dalam sehari !!.
Seperti saya tulis dalam ulasan saya terakhir yang lalu bahwa Saham2 Lapis Tiga memang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan / hasil yang besar dari sisi presentase (%). Hal tersebut karena dengan harga yang rendah maka setiap kenaikan beberapa point otomatis membuat presentase menjadi tinggi, misalnya saham harga Rp.70 naik  menjadi Rp.80 itu sudah naik 14%.

Hanya saja jumlah transaksi  Saham Lapis Tiga ini rata2 volume sahamnya tidak banyak sehingga bila kita akan membeli dalam jumlah banyak belum tentu bisa terpenuhi. Ini berbeda kalau kita main di Saham Blue Chip dengan harga diatas Rp.5000 kenaikan dari sisi nilai Rupiah bisa besar tetapi presentase tidak terlalu besar.

Bermain main Saham kecil memang bukan tindakan yang salah sepanjang dilakukan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan yang cermat karena dibalik potensi kenaikan yang spektakuler ada ancaman resiko yang gede pula lho...Semoga anda tidak pernah merasakan saham anda dibawah AR Kiri sampai batas bawah alias Rp.50. (Kiat memilih sahal lapis tiga silahkan baca tulisan saya yg lalu).

Menurut pengamatan saya ketika IHSG menuju kearah bullish  biasanya di awali penguatan saham2 Blue Chip terlebih dahulu dan ketika saham BC sudah mulai jenuh beli maka transaksi akan beralih ke saham2 lapis tiga sehingga saham lapis tiga akan mencapai puncaknya. 
Yang perlu diperhatikan lagi setelah saham saham lapis tiga tadi jenuh beli maka IHSG dalam konsolidasi dan sementara stagnan sebelum melanjutkan kembali naik yang dimulai lagi dari Saham BC atau justru sebaliknya akan terjadi koreksi turun kembali.

Bagaimana konisi Bursa dalam dua hari ini ? Prediksi saya IHSG dikisaran 4850 sd 4910. Musim semi saham2 dengan harga dibawah Rp.500,- nampaknya masih akan berlangsung, karena masih ada beberapa kelompoknya  yang masih tidur pules di klas Rp.50 yang belum bangun. Namun saya kira ada juga saham2 dari grup tertentu yang susah bangun karena memang kinerjanya yang sakit berat dan dimata investor sudah kehilangan pamornya.

Berita Makro bahwa the FED belum akan menaikkan suku bunganya dan harga minyak mentah mengalami kenaikan  5% dilevel $ 38,58 demkian pula harga emas naik lebih 2%. Maka ini juga potensi bahwa IHSG akan bisa menguat dan kembali saham berbasis pertambangan khusunya minyak dan energi boleh diperhatikan seperti:  ELSA, INDY, MEDC, ADRO, INCO, PTRO , WINS.

Pilihan saham lain dengan melihat "pola" transaksi kemarin sore maka saya tertarik untuk SMGR, UNVR, CTRA, AISA, buat simpenan minggu depan dengan target 2% sd 3% lumayan.

Buat pembaca yang akan bergabung di grup WA INVESTA silahkan daftar nomernya via email kamiinvesta.p3m@gmail.com  dan admin kami akan mengundang secara bertahap. Grup WA INVESTA ini bertujuan sebagai media sharing bersama saja untuk sesama investor.

Semoga bermanfaat.

Salam.

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.