15 Feb 2016

Para pembaca dan nasabah2 BNI Securities Semarang yang budiman,

Sepekan kemarin IHSG bergerak atraktif,dan ini bisa membalikkan prediksi beberapa pihak karena beberapa kali anomali terhadap bursa yang biasa dipakai sebagai acuan.seperti DOW, NIKKEI, HANSENG, SHANGHAI. Seperti sering saya sampaikan bahwa Bursa ini tidak bisa bersifat mutlak jadi semua serba mungkin.
Semakin kita punya jam terbang  lama  sebagai trader / investor maka seharusnya kita bisa mengambil pengalaman yang penting dari berbagai kondisi.

Saya pribadi lebih banyak menggunakan teori klasik, yaitu dengan memperhatikan makro ekonomi baik ekternal dan internal, sektor industri, fundamental, aksi korporasi (jika ada), kebijakan ekonomi terbaru, teknikal dan faktor lainnya.. Jika ada perubahan yang signifikan diantaranya akan saya kaji sebelum saya melakukan trading. Dari situlah saya mendapatkan "saham pilihan"  dan selanjutnya saya akan mentradingkang kapan saja saya pandang perlu.

Portofolio saya bagi dua jangka pendek (bisa harian sampai mingguan) dan  jangka menengah (biasanya 3 sd 6 bulan). Saat ini saya belum bisa meramalkan lebih dari 6 bulan karena kondisi yang masih sulit ditebak. Posisi portofolio saat ini 65% trading pendek dan 35% menengah. Adapun target hasil / gain yang saya inginkan 30% per tahun.

Bagaimana dengan situasi pasar hari ini?? saya perkirakan cukup seru terutama karena harga minyak dunia yang loncat 12% dan indek DOW dan bursa globalnya yang menguat signifikan.
Jadi seperti yang saya sudah kirimkan via WA kemarin saham pilihan trading saya untuk beberapa hari kedepan adalah ELSA, PGAS, WTON, CTRA. Bukannya yang lain gak bagus, tapi 4 saham tersebut pilihan trading saya pribadi, bahwa ada yang tertarik silahkan saja... Masing2 tentu punya pilihan yang mungkin lebih cocok denga analisanya.
 
Perhatikan juga apakah asing masih agresif beli atau sebaliknya mulai distibusi, jika asing masih net buy pada sesi satu (biasanya saya perhatikan satu jam pertama) maka saya tidak buru2 jualan. Menunggu harga lebih baik donk..sampai target saya tercapai atau ada sinyal pembalikan.
Karena akhir pekan kemarin ketika IHSG tertekan saya lebih banyak belanja maka hari ini bobot portofolio saya cukup lumayan. Bukannya saya menganjurkan "menantang pasar" tapi saya tentu melihat juga saham2 yang mampu bertahan ketika ada gempuran IHSG. Biasanya saham2 tersebut akan lari lebih kencang ketika IHSG kembali kejalur hijau. IHSG saya prediksi 4740 sd 4775.
 
Perhatikan pula gerak nilai rupiah terhadap US$ moga2 tidak melemah lagi melebihi 13.500. Nilai rupiah penting buat analisa makro dan itu punya bobot analisis yang tinggi buat saya.
 
Bila waktunya memungkinkan saya akan coba infokan perkembangan melalui Grup WA INVESTA bagi para komunitas yang sudah tergabung. ( untuk sementara untuk para alumni Investa dan nasabah BNI Securities Semarang). 
 
Salam,

INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.