4 Jan 2016

Para pembaca dan nasabah BNI SECURITIES Semarang yang budiman,

Pertama-tama kami INVESTA mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016, semoga di tahun ini kondisinya lebih baik sehingga kita sebagai investor / traders bisa melakukan investasi / trading lebih nyaman dan bisa memperroleh hasil investasi yang lebih baik dari tahun lalu.

Seperti kita ketahui th.2015 secara umum kondisi ekonomi baik global maupun perekonomian Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan sehingga mengakibatkan nilai rupiah melemah terhadap US Dolar, harga pertambangan dan hasil perkebunan juga rendah, terjadi aliran keluar dana asing dari Bursa saham sekitar Rp.22 Trilyun karena rencana kenaikan suku bunga The FED (yang akhirnya dilakukan pada bulan Desember 2015).

Hal-hal tersebut mengakibatkan IHSG selama tahun 2015 turun 12,11% (akhir th.2014 IHSG 5226 dan akhir th.2015 IHSG 4593). Penutupan IHSG 30 Desember 2015 nyaris ke prediksi IHSG saya 4600. Penurunan IHSG tersebut sebagai refleksi kondisi ekonomi kita.
Bagaimana kondisi portofolio anda masing2? sejalan dengan IHSG atau lebih baik / lebih buruk ?? anda sendiri yang bisa mengetahui dan itu sebagai bahan evaluasi masing2. Tentu agar kedepan bisa lebih baik lagi.
 
Sekedar berbagai pengetahuan dan pengalaman, anda bisa melakukan pencatatan atas nilai pasar saham2 anda pada posisi akhir tahun 2015 kemarin. Nilai tersebut akan anda gunakan sebagai portofolio awal yang nantinya akan anda bandingkan dengan waktu tertentu misalnya sebulan sekali di tahun 2016 ini. Sehingga anda mengetahui perkembangan portofolio anda.
Jangan ragu untuk menukar saham2 yang kedepan prospeknya buruk ke saham2 yang punya prospek lebih baik, sekalipun awalnya rugi tapi kerugian tersebut kedepan bisa tertutup bahkan bisa menjadi keuntungan.
 
Sekali lagi kita yang harus menyesuaikan pasar bukan pasar yang menyesuaikan kita, itulah salah satu strategi trading. Kapan  kita main pendek dan kapan main panjang haruslah disesuaikan juga. Jangan monoton dalam investasi sampai anda menemukan pola trading yang sesuai karakter anda masing2. Pilihan saham lakukan sesuai perkembangan sektor2 apa yang menarik dan silahkan jauhi sektor yang kurang menguntungkan disesuaikan  kondisi ekonomi yang terjadi.
 
Rajin2 menambah pengetahuan dari manapun yang sekiranya bermanfaat bagi anda, karena investasi saham ini terus mengalami perkembangan. Analisa Fundamental dan Teknikal itu penting tapi ada hal2 lain yang juga penting dalam investasi ini. Misalnya faktor Aksi Korporasi, Bandarmologi, kondisi politik dan keamanan patur juga anda pertimbangkan.
 
Saya akan meluncurkan kajian prospek saham di tahun 2015 dalam beberapa hari kedepan, saat ini sedang dalam seleksi termasuk target2nya 3 bulanan. Dengan pertimbangan dari segala faktor semoga bermanfaat.
 
Dalam pekan awal Januari ini prediski IHSG masih akan cenderung menguat untuk beberapa saham seperti KIJA, SMGR, KAEF, MPPA, PTPP, PPRO, AKRA,. IHSG prediksi 4550 sd 4660 dalam sepekan ini.
 
Selamat trading dengan semangat baru.
 
Salam, 
 
INVESTA
Pin, 2b7dd5ee (wajib ketik "salam investa" setelah invite dan terkonfirmasi)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.