14 Jul 2015



Para Komunitas Investa, Para Nasabah BNI Securities Semarang dan para Pembaca yang budiman,

Sekalipun secara presentase kenaikannya tidak  setinggi dengan bursa regional dan global namun IHSG akhirnya naik juga sejalan dengan bursa lainnya. Sedikit bernapas lega karena IHSG naik 0,43% atau 20 poin  di 4859. Fokus berita masih masalah Yunani dan Bursa di China.
Kita tau Pemerintah China telah bertindak cepat dengan memberi pinjaman bagi perusahaan2 sekuritas untuk melakukan pembelian saham. Hasilnya dalam 2 hari ini langsung Rebound lebih 5% demikian juga Hangseng.yang juga naik tinggi.

Berita terakhir Yunani juga telah mengajukan proposal baru dalam pemyelesaian hutangnya dan semalam langsung disambut gegap gembita bursa2 eropa langsung loncat naik 2% sd 3% dan DOW naik lebih 1%. Berpijak pengalaman masa lampau nampaknya setiap krisis selalu ada jalan keluar, krisis th.2008 yang lebih dahsyat juga bisa teratasi. 

Siklus ekonomi selalu ada resesi, pemulihan, pertumbuhan dan puncaknya. Ini semua biasa terjadi pada waktu2 tertentu, dari itu pula yang menjadi "seni" kita dalam investasi. Kita memang dituntut proses belajar kapan sebaiknya kita masuk dalam investasi portofolio saham dan kapan saat keluarnya sejalan dengan kondisi ekonomi tersebut.

Teori yang saya tau dalam melakukan investasi adalah mempelajari ekonomi  baik global dan regional, kondis politik dan keamanan, mengetahui sektor industri yang sedang tumbuh, baru pemilihan saham2nya. 
Sehingga itulah perbedaan Gambling dan Investasi, karena investasi itu memang butuh pengetahuan dan analisa sedang gambling pyur untung2an dan adu nasib.
Kita evaluasi masing2 sajalah apakah kita telah memenuhi SOP Investasi atau masih setengah gambling ya he..hee. 

Teori itupun rasanya belum cukup karena masih ada Fundamental analisis, Teknikal analisis, malah ada bandarmologi juga. jadi investasi ini ternyata gak mudah, makanya kalau sekedar "nyemplung" bisa2 hanyut modalnya. 
Maaf lho sekedar urun rembug, atau tukar pengalaman saja karena saya juga tidak sempurna masih ada kesalahan sana sini. 

Jadi bagaimana nih IHSG pekan depan nanti karena masih ada waktu sampai tgl.15 Juli sebelum libur, yang kemungkinan terjadi transaksi sudah sepi, maklum investor dan broker2 sudah mulai mengurangi aktivitasnya menjelang libur panjang. Masih adakah peluang mencari THR dari Bursa?? jangan pesimis terus Rejeki gak kemana asal kita tetap berusaha dan berdoa, semoga selalu ada kesempatan kita mendapatkan yang terbaik.

Kalau melihat antusias bursa2 global dan regional yang naik signifikan, nampaknya IHSG cenderung positif (walau mungkin tidak tinggi2), berharap bisa sedikit diatas 4900. supaya libur Hari Raya lebih nyaman.
Sahamnya?? Sebenarnya agak2 malu kalau saya menyebut BIPI salah satunya karena berbau gorengan, tetapi waktu minggu lalu saya ulas masih dibawah 90 lho. Eh sekarang sudah 105, kalau sekedar prediksi ada kemungkinan ke 115 (tapi kalau salah jangan dimarahi karena Pasti TIDAK ada jaminan).
Saham KIJA, PGAS, INCO, ADHI, MPPA, cukup menarik perhatian saya tinggal nunggu waktu dan harga yang Pas untuk masuk.

Salam,

INVESTA
Pin.2b7dd5ee (Tulis "salam investa" jika sudah invite) dan BBM hanya untuk diskusi saham dan bukan yang lain.

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.