11 Aug 2014

Kali ini saya mencoba menganalisa Kinerja Bank Jatim (BJTM) semester pertama atau 30 Juni 2014 dengan  membandingkan ringkasan ratio dengan periode yang sama th.2013 (YOY) sbb: LABA BERSIH naik 26,76%, CAR 20,40%, ROA 4,07%, ROE 22,06% NIM 7,03%, DEVIDEN YIELD 10%, PER 5,9X dan  PBV 1X. 
Ratio2 tersebut secara Fundamental menggambarkan kinerja yang bagus perkembangannya.

Dengan membandingkan Bank2 lain yang juga telah listing di bursa maka BJTM mempunyai Deviden Yield paling tinggi diatas bank2 lain (BJBR 8,2%, BBNI 3,1%, BMRI 2,5%, BBRI, 2,4% dan BBCA 1,3%).

Kenapa Deviden Yield nya tinggi? Analisa saya bahwa BJTM adalah Bank yang mayoritas pemegang sahamnya adalah Pemerintah daerah baik propinsi maupun Kabupaten dan Kotamadya. Dimana Bank Jatim ini diharapkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah yang sangat diharapkan oleh pemegang sahamnya guna membiayai pembangunan daerah masing2.
Untuk itulah BJTM diharapkan bisa memberikan kontribusi dari Labanya ke Pemerintah Daerah. Sehingga dari itulah BJTM berusaha menyetorkan bagian Labanya ke pada Pemegang saham.

Nah bagi investor yang berniat investasi di BJTM dalam jangka menengah / panjang saya kira bisa mencermati BJTM sebagai alternatifnya.
Dengan melihat dari sisi besarnya Deviden Yield yang diatas rata2 Deposito itu cukup menarik khususnya bagi para deposan.
Jika kondisi pasar normal dan kinerja BJTM konsisten seperti semester pertama maka prediksi saya akhir tahun 2014 target harga kisaran Rp.500,-.
Kalau saat ini harganya Rp.434,- per lembar rasanya masih punya potensi kedepan, sehingga bila terjadi tekanan dibawah Rp.428,- bisa digunakan untuk koleksi.

Semua sifatnya prediksi, dan saya hanya melihat dari sisi Fundamental Analisis termasuk prospeknya, sedangkan dari sisi TA bisa menyesuaikan.
Tentu analisa saya sifatnya disclaimer bukan merupakan jaminan apapun, jadi silahkan keputusan masing2.
Saya dan teman2 pendukung Blog investalpppm.blogspot.com akan berusaha menyajikan ulasan, analisa dan pencerahan lainnya dengan tujuan memberikan manfaat bagi pembaca.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur suka rela yang telah mengirimkan ke rekening saya.

salam, investa
pin 2b7dd5ee (harap langsung konfirmasi bila sdh invite ke pin tersebut dengan menyebut "salam investa").

0 komentar:

Post a Comment

Mohon menulis komentar dengan bahasa yang baik tidak mengandung unsur sara, politik dan iklan.

Anda paling tertarik pada artikel apa ?

Flag Counter
Powered by Blogger.

.

.

.